Budidaya Ikan Mas

Ikan mas (Cyprus carpio) diimpor ke Indonesia dari Eropa dan Cina. Menurut catatan sejarah, sejak tahun 1860 masyarakat Ciamis, Jawa Barat, telah menguasai cara memproduksi ikan mas dengan bantuan kakaban. Alat yang terbuat dari ijuk untuk berbagai telur hasil pembuahan.

Budidaya ikan mas paling baik dilakukan pada ketinggian 150-1000 meter di atas permukaan laut. Suhu ideal untuk budidaya ikan mas berkisar antara 20-25oC dengan pH udara sekitar 7-8.

Saat ini usaha budidaya ikan mas terbagi menjadi dua, yaitu usaha pembibitan dan pembesaran. Upaya perbanyakan benih ikan agar tumbuh lebih banyak. Pangsa pasar usaha benih adalah para pembudidaya ikan yang melakukan upaya ekspansi. Sementara bisnis mengembangkan produk ikan sebagai ukuran konsumsi, pangsa pasarnya adalah pengguna akhir.

Ikan mas kecil

Untuk memulai usaha budidaya ikan mas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan seleksi bibit atau calon inang. Calon tuan rumah ini harus dari garis keturunan dengan karakter superior. Sehingga menghasilkan benih yang memiliki produktivitas tinggi.

Calon ikan mas dipelihara di kolam pendederan, dipisahkan antara jantan dan betina. Pemisahan selesai sampai kedua orang tuanya siap bersembunyi. Proses pemijahan atau pemberian pakan ikan mas dilakukan di kolam khusus. Kolam harus disediakan kakaban, tempat bertelur dari pupuk.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menghasilkan ikan mas, baca terus tentang benih ikan mas.

Ikan mas pisang

Bibit yang digunakan untuk budidaya ikan mas berukuran 10-12 cm atau dengan berat sekitar 80-100 gram per ekor. Ukuran benih yang besar ini diharapkan cukup kuat untuk tumbuh. Hingga resikonya bisa ditekan. Durasi pemeliharaan ikan mas sekitar 2-3 bulan.

Budidaya ikan mas dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti metode air deras, air tenang atau tumpang tindih. Media atau papan dapat berupa genangan tanah, genangan dinding, terpal, persawahan, perancah dan jaring apung.

Sebuah. Kolam lemah (udara tenang)

Kebanyakan petani membudidayakan ikan mas di kolam yang indah dengan lantai. Kolam renang biasa digunakan karena cara pembuatannya yang murah dan murah, lihat cara membuat kolam tanah.

Kolam renang adalah dua jenis kolam tanah yaitu kolam tanah dengan tanggul dan kolam tanah dengan dinding atau dinding batu. Kolam ini memiliki keunggulan menyediakan pakan alami bagi ikan. Berbagai organisme kecuali ikan, seperti cacing atau tumbuhan udara dapat tumbuh di dasar kolam. Jenis kolam ini membantu biaya pakan.