Teknis Perusahaan Multinasional

Teknis Perusahaan Multinasional

Teknis Perusahaan MultinasionalTeknis Perusahaan Multinasional

Teknis dalam perusahaan multinasional adalah sebagai berikut:

  1. Ekspor

Ekspor merupakan proses awal untuk menjadi sebuah perusahaan multinasional. Karena dengan ekspor, keuntungannya ialah memiliki risiko minimal. Jika ekspor menurun, perusahaan dapat mengurangi atau menghilangkan ekspornya agar tidak mengalami banyak kerugian. Kelemahan ekspor ialah perusahaan dapat dikenakan tariff atas pajak ekspor produknya serta biaya transportasi yang relatif tinggi.

  1. Lisensi

Perusahaan multinasional memberikan lisensi dan mendirikan fasilitas produksi kepada mitra lokalnya. Lisensi memberikan keuntungan dengan adanya fee yang didapat dari kontrak atas hak cipta yang dipergunakan suatu perusahaan asing dan tidak memerlukan biaya transportasi yang besar untuk pengiriman barang (ekspor). Tetapi kelemahan dari lisensi adalah perusahaan sulit untuk menjamin kualitas produk mereka di luar negeri.

  1. Investasi Asing Langsung (Foreign Direct Investment)

Cara ini diambil setelah  ada jaminan bahwa investasi itu aman dari resiko dan persaingan mitra lokal dan menguntungkan karena pasar telah berkembang dan memberikan respon yang positif. Foreign direct investment (FDI) memberikan keuntungan kepada perusahaan dengan biaya produksi yang relatif lebih murah dikarenakan perusahaan membangun langsung pabrik mereka di suatu Negara serta tidak adanya biaya tarif pajak dan transportasi atas barang impor. Sedangkan kelemahannya ialah, jika perusahaan mengalami kegagalan maka akan menanggung kerugian yang besar serta memerlukan modal investasi yang lebih besar dibandingkan ekspor/impor dan lisensi.

Sumber :

https://mitranet.co.id/