Tujuan Mission HMI

Tujuan Mission HMI

Tujuan Mission HMI

            Dengan adanya Mission HMI secara jelas dimaksudkan agar kader-kader HMI menyadari akan peran dan kapasitasnya sebagai mahasiswa dan kader HMI sebagai duta-duta kebangsaan dan keummatan yang selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupanya dan mewarnai dinamika kehidupan, tentunya dengan term-term yang dijelaskan awal tadi memberikan gambaranakan tugas dan tanggung jawab yang besar yang sebagai keharusan untuk dilakukan dalam setiap diri kader HMI.

2.4  Hakikat keberadaan Mission HMI

     Dalam petikan tujuan HMI yang menggambarkan demi kepentingan dan kebutuhan agar HMI tetap eksis. Dengan asas Islam, fungsi sebagi organisasi kader yang independent, lengkap dan beratlah sudah tugas dan tanggung jawab yang musti diemban HMI.

Tanggung jawab tersebut terimplementasi melalui kiprah sepak terjang HMI dalam setiap aktifitasnya, dan penilaian terhadap HMI pun senantiasa harus menggunakan dua prespektif ruang dan waktu sekaligus, yakni “present prespective” dan “future prespective”. Prespektif sekarang ini menandai semua aktifitas riil HMI dalam menanggapi dinamika kekinian, dan prespektif masa depan dilandasi kenyataan bahwa HMI “hanyalah” organisasi yang menghimpun mahasiswa-mahasiswa yang kiprah konkritnya dalam kehidupan baru akan berlangsung di masa depan.

Usia tua bagi sebuah organisasi sering kali mengindikasikan sejumlah kontradiksi, di satu sisi mengindikasikan sebuah kematangan suatu organisasi, dengan ditunjukkanya bagaimana organisasi tersebut mempertahankan diri dan mengembangkan kehidupan keorganisasian, tatanan, sistem, kedisiplinan, perangkat maupun atribut-atribut organisasi tersebut. Namun di sisi yang lain juga dimungkinkan melekatnya sejumlah unsur berbahaya yang tipikal seperti arogansi, budaya membatu (terkesan stagnan/ statis) maupun establishme pada suatu organisasi tersebut, atau dapat dimungkinkan juga diibaratkan kereta, semakin lama semakin rapuh yang akhirnya rusak, alias the end. Suatu pernyataan yang tidak sama sekali tidak kita inginkan akan tersemat dalam HMI ini. Naudzubillah min dzalik.

RECENT POSTS