Tanaman Hias Pembersih Udara

Tanaman Hias Pembersih Udara

Tanaman Hias Pembersih UdaraTanaman Hias Pembersih Udara

Kebanyakan orang tidak mengerti mengapa mereka merasa sakit. Mereka mungkin tidak tahu bahwa di dalam rumah, berbagai racun hadir setiap saat, seperti: toluena, xilena, etil asetat, metilen, aseton dan kloroform. Tiga racun lain bahkan merupakan ancaman utama, yaitu: benzena, trichloroethylene dan formaldehida yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, seperti asma, kanker dan berbagai alergi. Tanaman Hias Pembersih Udara.

Dalam beberapa tahun terakhir, National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara. Sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.

Berikut adalah beberapa tanaman hias yang mampu membersihkan udara disekitar Anda:

• Beringin (Ficus benjamina)

Beringin disebut juga pohon ara kerap dijadikan tumbuhan pot, tanaman hias dalam ruangan, dan bonsai. Pohon ini oleh sebagian masyarakat kerap dianggap pohon angker dan dikeramatkan. Di balik mitos tersebut NASA mengungkap bahwa tanaman ini mampu membersihkan udara di dalam ruangan terutama menyerap polutan terkait karpet dan furnitur seperti formaldehida, benzena dan trichloroethylene.

• Dragon Tree (Dracaena marginata)

Dragon tree atau Red-edged dracaena adalah tumbuhan dari famili Asparagaceae. Tanaman asal Madagaskar dan Mauritius ini termasuk tumbuhan semak. Di dalam ruangan tanaman ini ampuh dalam menyerap xylene, trichloroethylene dan formaldehida, yang ada di udara akibat lak, pernis dan bensin.

• English ivy (Hedera helix)

English ivy dikenal juga sebagai European ivy adalah tanaman hias dari famili Araliaceae yang asli Eropa dan Asia Barat. NASA mendapati tanaman ini mampu membersihkan udara dalam ruangan dari partikel pengotor udara. Juga mampu menyaring formaldehida yang ditemukan dalam beberapa produk pembersih rumah tangga.

• Evergreen Cina (Aglaonema crispum)

Tanaman evergreen cina, di Indonesia lebih dikenal sebagai Aglaonema atau Sri Rejeki, selain mudah dirawat mempunyai kemampuan yang baik dalam membersihkan udara dalam ruangan dari berbagai polutan dan racun. Polutan yang mampu dibersihkan diantaranya adalah benzena dan formaldehida.

• Gerber daisy (Gerbera jamesonii)

Tanaman Gerber daisy di Indonesia lebih dikenal sebagai Herbras. Tumbuhan asal Afrika Selatan ini mempunyai bunga warna warni dan kerap dijadikan bunga potong bersama mawar, anyelir, seruni, dan tulip. Dapat tumbuh baik di dalam pot dan di dalam ruangan. Tanaman ini efektif menghilangkan trichloroethylene, Cocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci atau kamar tidur.

• Heart leaf philodendron (Philodendron oxycardium)

Genus Philodendron adalah tanaman tropis termasuk dijumpai di Indonesia. Salah satu spesiesnya, Philodendron oxycardium, mempunyai kemampuan dalam membersihkan udara dari polutan. Meskipun daunnya beracun, namun kemampuannya dalam menyerap hampir semua jenis polutan di udara tidak diragukan lagi. Tanaman Hias Pembersih Udara.

• Krisan (Chrysanthemum morifolium)

Bunga krisan atau seruni adalah bunga warna-warni. Dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai Florist’s daisy atau Hardy garden mum. Di dalam pot mampu tumbu hingga 90 cm. Selain wangi, tanaman ini mampu menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara.

• Lidah Buaya (Aloe vera)

Nama latin tumbuhan ini adalah Aloe vera, yang di Indonesia dikenal sebagai lidah buaya. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan. Aloe vera mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.

• Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)

Lidah mertua atau snake plant merupakan tanaman penyerap racun dengan bentuk khas dan mudah dikenali. Berbagai jenis racun yang mampu diserap oleh Sansevieria antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Bahkan hanya dengan 5 helai daun sansevieria dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan.

 

Sumber: https://ijateng.id/kapan-indonesia-siap-5g/