Pengertian Sosiologi dan Sosiologi Ekonomi

 Pengertian Sosiologi dan Sosiologi Ekonomi

  1. Pengertian Soiologi

      Secara terminologi sosoologi berasal dari bahasa yunani, yaitu socius  dan logos. Socius berarti kawan, berkawan, atau masyarakat, sedangkan logos berarti ilmu atau dapat juga dikatakan bicara tentang sesuatu. Dengan demikian sosiologi dapat diartikan ilmu tentang masyarakat[1].

      Defenisi sosiologi juga dikemukakan oleh beberapa para ahli[2], yaitu :

  1. Pitirim Sorokin (1928: 760-761), berpendapat bahwa sosiologi adalah suatu ilmu tentang hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial.
  2. William Ogburn dan Meyer F.Nimkoff (1959:12-13), berpendapat bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.
  3. Roucekj dan Warren (1962: 3) berpendapat hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompoknya.
  4. J.A.A van Doom dan C.J. Lammers (1964: 24) mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu tentang sekelompok hidup manusia.
  5. Meta Spencer dan Alex Inkeles (1982: 4), mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu tentang sekelompok hidup manusia.
  6. sosiologi adalah ilmu tentang struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

     Dengan demikian, sosiologi dapat didefinisikan sebagai disiplin ilmu tentang interaksi sosial, kelompok sosial, gejala-gejala sosial, organisasi sosial, struktur sosial, proses sosial, maupun perubahan sosial.

  1. Pengertian Sosiologi Ekonomi

      Sosiologi ekonomi merupakan study yang mempelajari cara orang atau masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka terhada barang dan jasa dengan menggunakan pendekatan atau perspektif analisis sosiologi[3].

Dalam definisi di atas dapat diuraikan bahwa sosiologi ekonomi berhubungan dengan dua hal, yaitu :

  1. Fenomena ekonomi, yaitu gejala bagaimana cara orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan mereka terhadap barang dan jasa yang langka[4].
  2. Pendekatan sosiologis, yaitu berupa kerangka acuan, variabel-variabel, dan model-model yang digunakan oleh para sosiolog dalam memahami dan menjelaskan kenyataan sosial atau fenomena yang terjadi dalam masyarakat[5].

Sosiologi ekonomi mempelajari berbagai macam kegiatan yang sifatnya kompleks dan melibatkan produksi, distribusi, pertukaran dan konsumen barang dan jasa yang bersifat langka dalam masyarakat.

Jadi, fokus analisis untuk sosiologi ekonomi adalah pada kegiatan ekonomi, dan mengenai hubungan antara variabel-variabel sosiologi yang

Sumber :

https://galleta.co.id/pre-order-samsung-galaxy-note-8-akan-dimulai-1-september/