Aspek Aksiologis

Table of Contents

 Aspek Aksiologis

Berkenaan dengan manfaat ilmu. Nilai guna ilmu bisa dilihat secara positif dan normatif. Secara positif nilai guna ilmu adalah untuk mendiskripsikan, menjelaskan dan dan memprediksi berbagai fenomena yang sesuai dengan obyek studi yang dipelajari. Sedangkan secara normatif, nilai guna ilmu adalah untuk mengendalikan berbagai fenomena kearah yang diinginkan. Secara normatif aspek aksiologis ilmu erat kaitannya dengan pertimbangan nilai, etika dan moral. Dalam penelitian aspek aksiologis digambarkan dalam saran-saran atau rekomendasi hasil penelitian.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan melalui suatu proses Scientific Research, yang diawali dengan observasi, identifikasi masalah, perumusan kerangka pemikiran, perumusan hipotesis, pengujian hipotesis, pengumpulan data, analisis dan interprestasi data, dan penarikan kesimpulan.

Fungsi Ilmu yaitu mendeskripsikan, menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan. Ilmu melaksanakan fungsinya melalui teori yang dikandungnya. Teori adalah himpunan definisi, konsep dan hipotesis tentang hubungan antar variabel. Ciri utama teori adalah mengandung makna “jika ……., maka ………” Tujuan teori adalah menjelaskan dan membuat prediksi, sehingga memungkinkan untuk melakukan pengendalian.

Karakteristik Ilmu yaitu rasional, logis, obyektif dan terbuka, maka seorang ilmuwan selain harus memiliki sifat-sifat empirisme, rasionalisme dan kritisme, juga harus memiliki sifat ilmiah sebagai berikut: