Menurut pendapat D.W. Foster, bahwa marketing mix adalah

Menurut pendapat D.W. Foster, bahwa marketing mix adalah

Menurut pendapat D.W. Foster, bahwa marketing mix adalahMenurut pendapat D.W. Foster, bahwa marketing mix adalah

Menurut pendapat D.W. Foster, bahwa marketing mix adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan badan usaha, minsalnya laba, penghasilan, harta yang ditanam, omset penjualan, dan bagian pasar yang ingin direbut. Konsepsi marketing mix (salah satu contoh aplikasi dalam strategi McDonald) adalah sebagai berikut:

1. Produk (Produc)

McDonald’s merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada industri restoran siap saji (fast food restaurant). Adapun produk yang ditawarkan terhadap konsumen berupa makanan dan minuman siap saji.
2. Harga (Price)
Penentuan harga ditetapkan dengan harga pasar yang ditentukan oleh head office sesuai dengan kemampuan konsumen. Tier merupakan penetapan harga sesuai dengan kemampuan konsumen di lingkungan tersebut dalam membelinya, yang artinya penetapannya sesuai dengan tempat McDonald’s berada .
3. Tempat (Place)
Berhubungan dengan lokasi untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan keluarga.
4. Promosi (Promotion)
Secara umum, program promosi dari market wide adalah promosi advertising melalui iklan TV. Strategi promosi yang dilakukan meliputi :
  • Promosi Public Relation, yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
  • Advertising (iklan), yaitu melalui above the line : kerja sama dengan stasiun radio lokal untuk menginformasikan event-event yang diadakan oleh McDonald’s. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, dan lain-lain.
  • Event (peristiwa) yang dilaksanakan di McDonald’s yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
  • Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
  • Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Sumber: https://furnituremebeljepara.co.id/nobel-kedokteran-untuk-trio-peneliti-jam-biologis-dari-as/