Definisi HAM Secara Global

Definisi HAM Secara Global

Table of Contents

Definisi HAM Secara GlobalDefinisi HAM Secara Global

HAM, apakah maksud sebenarnya ? jika kita berbicara tentang HAM, akan kita jumpai ,permulaannya, namun tidak ada batas akhirnya. HAM memang banyak. Minimal, kita rinci dalam 4 macam hak asasi yang prinsipil. Antara lain, (a) Hak Asasi yang bersifat Natural, (b) Hak-hak Sipil (umum), (c) Hak-hak keperdataan (private), (d) Hak Asasi Manusia (moderen). Hak asasi yang bersifat Natural, seperti hak untuk hidup, hak untuk merdeka, hak medapatkan kehormatan. Hak-hak tersebut yang menyebabkan manusia memperoleh kebebasan, pada kurun waktu yang panjang. Kemerdekaan dan kebebasanya muncul dalam beberapa hal, adakalanya karen pertumbuhan golongan tertindas di masyarakatnya, bangkitnya  para budak, bahkan karena mereka yang punya mata rantai etnis yang direndahkan oleh masyarakatnya.mungkin juga adanya para pendatang asing (yang disingkirkan), bahkan dapat disebabkan perbedaan agama yang dipeluknya dengan agama mayoritas warga negara.

Suatu kebanggaan agama islam, yang telah mengungkapkan sebab-sebab pembebasan itu kemudian mendeklarasikan HAM yang bersifat natural secara mendasar. Ini dilakukan sejak menculnya Islam, bukan hanya untuk bangsa Arab, namun meliputi seluruh umat manusia.

Hak-hak sipil (umum), adalah sebagaiman hak pemilikan dan pengembangannya menurut seleranya masing-masing. Dalam persamaan hak ini tidak terdapat sifat diskriminasi golongan, jenis, bahasa, agama, pandangan politik,asal negara, tingkat sosial, kesejahteraan, kelahiran, kedudukan, politik, perundang-undangan, atau diskriminasi internasional terhadap suatu negara, bahkan terhadap negeri, dimana individu itu berkembang[1].

Dewasa ini, banyak kita jumpai di negara-negara maju ataupun negara terbelakang, yang saling mengingkari hak-hak sipil ini, hanya karena perbedaan etnik, warna kulit, bahasa dan agama mereka. Bagi para wanita, anak-anak, penduduk kampung, mayoritas terhalangi haknya secara mendasar, yang berhubungan dengan deklarasi internasional tentang HAM itu.

Hak-hak keperdataan (private); sejak munculnya orientasi kebangsaan (nasionalisme) ke permukaan sejarah moderen; yang menjadia asas berdirinya negara moderen dengan batas-batas geografisnya, serta upaya mempertahankanya; maka para penduduknya dibebani oleh nilai kebangsaannya, dan norma negaranya.  Akibatnya, negara tersebut  memberikan hak yang tidak diberikan pada negara tetangga, termasuk juga pendatang asing, sepanjang syarat-syarat kebangsaan tidak dipenuhi.

Sumber :

https://okabawes.co.id/chipset-terbaru-samsung-akan-tingkatkan-performa-baterai-galaxy-s9/