Hakikat bahasa

Hakikat bahasa

  1. Pengertian bahasa

Manusia merupakan mahluk yang perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. Bahasa yang dalam bahasa inggrisnya disebut language berasal dari bahsa latin yang bearti”lidah”. Secara universal pengertian bahasa ialah suatu bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya ujaran. Bahasa merupakan alat komunikasi yang mengandung beberapa sifat yakni, systematik, mana suka, ujar, manusiawi dan komunikatif. Disebut sistematik karena  bahasa diatur oleh system.

  1. Bentuk dan makna

Bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat terbagi atas dua unsur, yakni bentuk (arus ujaran) dan makna (isi). Bentuk merupakan bagian yang dapat diserap oleh unsur panca indra (mendengar atau membaca). Bagian ini terdiri dua unsur, yaitu unsur segmental dan unsur suprasegmental. Unsur segmental secara hierarkis dari segmen yang paling besar sampai segmen yang paling kecil, yaitu wacana, kalimat, frasa, kata, morfem, dan fonem. Unsur suprasegmental terdiri atas intonasi. Unsure-unsur intonasi adalah : tekanan, (keras, lembut ujaran), nada (tinggi rendah ujaran), durasi (panjang pendek waktu pengucapan), perhentian (yang membatasi arus ujaran).

Makna adalah isi yang terkandung dalam bentuk-bentuk diatas. Sesuai dengan urtan bentuk dari segmen yang palin besar sampai segmen yang terkecil, makna pun dibagi berdasarkan hierarki itu, yaitu makna morfemis (makna imbuhan), makna leksikal (makna kata) dan makna sintaksis (makna frasa, klausa, kalimat) serta makna wacana yang disebut tema.

 

Sumber :

https://multiply.co.id/dosen-its-ciptakan-software-perencanaan-kota/