Penjelajahan Samudra dan Proses awal kedatangan Penjajah di Indonesia

Penjelajahan Samudra dan Proses awal kedatangan Penjajah di Indonesia

Penjelajahan Samudra dan Proses awal kedatangan Penjajah di Indonesia

Penjelajahan Samudra dan Proses awal kedatangan Penjajah di Indonesia

Salah satu fakror yang sangat menentukan kegiatan penjelajahan Samudra adalah berkembangnya tekhnologi kemaritiman.Pada abad ke 14 Eropa telah mengalami perkembangan teknologi kemaritiman ini.Para pelaut Venesia misalnya telah menggunakan kapal laut besar. Salah satunya yaitu kapal Flanders Galley yang berukuran  120 sampai 150 kaki.Kapal ini mampu mengangkut sampai 200 orang awak.Dengan kapal ini maka pelayaran dan perdagangan yang lebih luas sangat mungkin untuk di lakukan.Termasuk menyebrangi samudra Atlantik.

Kegiatan pelayaran waktu itu juga dipermudah dengan:

a.Ditemukan kompas yang lebih baik,

b.Adanya fakta yang menunjukan secara lengkap dan akurat mengenai garis        pantai,terusan dan pelabuhan.

            Faktor-faktor pendorong bangsa eropa melakukan penjelajahan samudra adalah sebagai berikut.

a.Faktor gold;adalah keinginan untuk mencari kekayaan.Kekayaan yang dicari terutama adalah rempah-rempah karena dieropa harganya sangan mahal.

b.Faktor gospel;adalah keinginan bangsa eropa untuk menyebarkan agama Nasrani.Bangsa eropa merasa memiliki tugas suci untuk menyebarkan agama nasrani ke seluruh dunia.

c.Faktor glori;adalah  keinginan untuk mencari kejayaan engan cara mencari tanah jajahan seluas-luasnya.Terdapat anggapan bahwa daerah jajahan adalah bangsa yang jaya.

d.Faktor iptek;pada abad 15 bangsa eropa telah mengalami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai akibat berkembangnya Renaissance dan Rasionalisme,misalnya:

1).Ditemukan kompas,

2).Ditemukan pendapat bahwa bumi itu bulat,

3).Dikembangkannya teknik pembuatan kapal , dan

4).Ditemukannya mesin untuk persenjataan.

e.Jatuhnya konstantinopel ketangan bangsa turki (1453)

Pelopor penjalah samudra adalah bangsa portugis dan spanyol.Penjelajah-penjelajah Kebangsaan Potrugis ,antara lain sebagai

berikut.

a.Bartholomeus Diaz

Bartholomeus Diaz merupakan orang Portugis pertama yang melakukan penjelajahan samudra.Ia melakukan pelayaran melalui arah timur denagn menelusuri pantai barat Afrika.Pada tahun 1486 BartholomeusnDiaz tiba di ujung Afrika Selatan.Akan tetapi keinginan Bartholomeus untuk mencapai dunia timur ternyata gagal diwujudkannya.di tempat ini kapalnya mengalami kerusakan karena di hempas badai,sehingga terpaksa ia kembali kenegerinya.Semula,tempaat dimana kapal Bartholomeus Diaz dihempas badai diberi nama Tanjung Badai.Akan tetapi,nama itu di ubah menjadi Tanjung Harapan.

Meskipun ekspedisi Bartholomeus Diaz mengalami kegagalan,namun upayanya telah memberi inspirasi,semangat,dan dorongan bagi para penjajah berikutnya.Sekembalinya di portugis,tidak sedikit orang yang melecehkannya.Namun bagi Batholomeus Diaz orang yang agagal tetapi pernah mencobalebih baik di banding orang yang tidak pernah gagal karena tiadak pernah mencoba.

b.Vasco da Gama

Upaya Bartholomeus Diaz dalam melakukan pelayaran menuju negeri timur di lanjutkan oleh Vasco dd Gama.penjajahan samudra yang ia lakukan mengambil rute Tanjung Verde-st.Helena-Tanjung Harapan-Mozambique-Calicut.Pada tahun 1495,Vasco da Gama berhasil mendarat di Calicut( India).Calicut merupaknn kota dagang utama di pantai barat india.Ditempat ini rempah-rempah ramai diperdagangkan.di Calicut,pada perkembangan selanjutnPortugis mendirikan pangakalan dagang yang pertma di Asia

Sumber :

https://obatwasirambeien.id/nasa-umumkan-finalis-penjelajah-komet-dan-satelit-saturnus/