Kedatangan Penjajah (bangs Barat)ke Indonesia

Kedatangan Penjajah (bangs Barat)ke Indonesia

a.Kedatangan Bangsa Portugis ke Indonesia

Setelah berhasil mencapai india dan mendirikan pangkalan dagang pertma di Goa(1510),maka pada tahun 1511 Portugis berhasil menguasai Malaka.keberhasilanya menguasai Malaka 1511 tidak membuat Portugis berhenti mencri wilayah baru.Portugis segera berusaha menjalin dagang dengan Maluku.Dalam hal ini Portugis tahu,Maluku merupakan wilayah sangat kaya akan rempah-rempah.Berawal dari hubungan dagang ini,Portugis berharap akan dapat menanamkan pengaruhnya di wilayah itu.Dalam upaya menanamkan pengaruhnya di Maluku,pada tahun 1512 M Alfonso d’Albuqueque mengirimkan beberapabuah kapal dan berhasil di Ternate.Pad awalnya rakyat Ternate menyambut kedatangan Portugis dengan baik.Bahkan penguasa Ternate menjadikan Portugis sebagai sekutu.Akan tetapi,sambutan baik itu kemudian berubah menjadi menentang setelah Portugis menerapkan siste monopoli yang merugikan.

b.Kedtangan Bangsa Spanyol di Indonesia

Seolah tidak mau ktinggalan dengan Portugis ,Spanyol pun berupaya membuka jalan kekawasan Asia Tenggara.Upaya ini berhasil ketika Ekspedisi Magelhans berhasil mencapai kepulauan Masafa.Untuk menghormati raja Philip,maka tempat ini kemudian di beri nama Philipina.

            Bangsa Spanyh  untuk pertama kalinya memasuki wilayah Indonesia pada 1521 m.Meraka mendarat pertama kali di Tidore(Maluku)kemudian tinggal di Bacon dan Jahilolo.

Sama halnya dengan ketika pertamakali bangsa portugis datang ke  Ternate,kedatangan bangsa Spanyol juga dengan baik oleh rakyat Tidore.

Meraka dijadikan sekutu untuk menghadapi Ternate yang terlebih dahulu bersekutu dengan Portugis.

Namun kebearadaanSpanyo di Maluku dapat dikatakan tidak lama karena berdasarkan kesepakatan dengan Portugis(perjanjian Srakusa),Spanyol harus segera ke Philipina kembali ke philipina.

c.Kedatangan Bangsa Belanda di Indonesia

Belanda merupakan bangsa eropa yang tercatat paling sukses menancapkan kekuasaannya di indonesia.Bagaimana awal kedatangan Cornelis Deangsa Belanda di Nusantara kedatangan bangsa Belanda di indonesia diawali dari ekspedisi yang dipimpin yang dipimpin oleh Cornelimans de Houtman. Mereka memulai pelayarannya pada bulan April tahun 1595.

            Pelayaran Cornelis de Houtman melalui rute:Belanda-pantai barat -Tanjung Harapan-Samudra Hindia-Selat Sunda-Banten.Mereka berhasil mendarat di Banten pada tahun 1596.Mula-mula kedatangan bangsa Belanda disambut dengan baik oleh penguasa Banten.Namun karena bersikap sombong dan melakukan penekanan-penekanan,perasaan tidak suka kepada orang-orang Belanda itu mulai muncul.Bahkan ada beberapa anak buah Cornelis yang di tawan.

RECENT POSTS