Khadijah binti Khuwailid

 Khadijah binti Khuwailid

Beliau wanita pertama yang menjadi istri pertama Nabi saw, dan Nabi tidak pernah menikah lagi sampai beliau wafat. Dari Khadijah, Nabi Muhammad memiliki anak sebanyak 7 orang yakni:

  1. Al-Kasim
  2. At-Thaiyib
  3. At-Thahir
  4. Rukaiyah, isteri Utsman bin Affan
  5. Zainab, isteri Abdul Ash bin Rabi’
  6. Ummu Kalsum, isteri Utsman bin Affan setelah Rukaiyah wafat
  7. Fathimah, isteri Ali bin ABi Thalib

Anak-anak beliau yang laki-laki semuanya meninggal selagi jaman jahiliyah, tetapi yang wanita, semuanya mendapat dan memeluk agama Islam dan semuanya selamat berhijrah ke Madinah. Khadijah meninggal pada saat usianya 65 tahun.

  1.  Saudah binti Zam’ah

Saudah binti Zam’ah, adalah temasuk perempuan generasi pertama yang memeluk Islam. Bersama suami sebelumnya, Saudah ikut hijrah ke Habasyah yang kedua. Tak lama setelah kembali ke Mekah, suaminya meninggal. Rasulullah lalu menikahinya. Saudah meninggal di Madinah pada akhir masa kekhalifaan Umar.

  1.  Aisyah binti Abu Bakar

Aisyah adalah istri Nabi yang dinikahi ketika usianya baru 6 tahun, tetapi baru akad saja. Ia satu-satunya istri Rasulullah yang perawan. Ia adalah orang yang paling memahami Al-Qur’an. Aisyah sendiri meninggal pada bulan Ramadhan tahun ke-58 hijrah. Pada saat itu usianya 65 tahun.

  1.  Hafshah binti Umar

Rasulullah menikahinya pada bulan sya’ban, tiga puluh bulan sebelum hijrah. Saat itu usianya baru 21 tahun. Dan meninggal juga pada bulan sya’ban 45 tahun setelah hijrah, di Madinah.

  1.  Ummu Salamah

Rasulullah menikahinya pada tahun ke-4 hijriah ketika usianya 27 tahun. Ummu Salamah adalah istri Rasulullah yang meninggal paling belakangan keika berusia 86 tahun. Ia adalah perempuan yang cerdas dan pandai.

Baca Juga :

https://dolanyok.com/tukangkonten/