Kuliner Banda Aceh yang Wajib Anda Coba

Tundem Banda Aceh juga sempurna, ada wisata alam, sejarah, untuk wisata kota. Tidak mengherankan, permintaan untuk Banda Aash sebagai salah satu tujuan wisata favorit Sumatera Utara terus meningkat.

Jika Anda ingin perjalanan yang lebih rinci ke Banda Aceh, cobalah untuk merasakan 7 spesialisasi Banda Aceh di sini:

Baca juga: 7 Band Gang Asheh, cocok untuk liburan

1. Berburu ayam

Masakan Banda Ashe
Tangkap ayamnya. Difoto oleh Ankjajan

Seperti namanya, hasil tangkapan ayam dimasak dari ayam. Ayam tersebut kemudian dimasak dengan berbagai bumbu seperti daun temurui, dangkal, bawang putih dan cabai hijau. Daun Temuruja biasanya disajikan dalam jumlah banyak sehingga terlihat seperti ayam yang ditangkap. Inilah mengapa ayam ini dinamai untuk menangkap ayam.

Tangkapan ayam biasanya disajikan dengan kecap dan nasi, yang masih panas dengan ukuran ayam utuh. Harga paket biasanya 60.000 RS per kepala. 4-5 orang dapat menikmati.

Kita bisa menikmati hasil tangkapan ayam ini di RM Ashe Reyuk, RM Cut Deck dan RM Hassan.

2. Mie Aceh

Masakan Banda Ashe
Mie Achh harus terasa sangat enak ketika mereka pergi ke Banda Aceh. Difoto oleh Mieaceh_stasiusickini

Nama kuliner kesakitan kuliner ini sudah dikenal di telinga, karena banyak yang menjualnya di banyak daerah.

Iklan
Di tempat kelahiran Aeschylus, mie disajikan dengan potongan-potongan daging goreng dan makanan laut, di mana mie sangat besar dan tebal dan mengandung berbagai rempah-rempah. Wisatawan dapat merasakan masakan ini di RM Me Razali di Punyong.

Bahkan jika kita telah mencicipi Mai Ache di daerah lain, jangan lupa untuk mencicipi rasa kuliner Mai Ache langsung di Banda Ashe.

3. Saus belangong

Masakan Banda Ashe
Saus belangong. Sumber foto

Sup Bulangong bisa diartikan sebagai kari khas ashe. Ini adalah masakan khas Asha Besar. Dengan melakukan itu, Belangong adalah salah satu bentuk Aeschylus yang merujuk pada Belangongo besar yang digunakan untuk memasak.

Iklan
Aroma kulinernya sangat enak karena menggunakan aneka bumbu dan rempah. Rasa sakit khusus ini berbeda dari yang lain adalah bahwa saus tidak menggunakan santan tetapi menggunakan kelapa cincang dan digoreng dengan dicampur dengan bumbu.

Bulangong biasanya disajikan dengan potongan ayam, daging atau kambing dan es mentimun segar, yang juga dijual di restoran yang dapat membantu wisatawan menetralkan kadar kolesterol.

4. Kuwah Plick U.

Masakan Banda Ashe
Kuwah Plick U. Sumber foto

Kuwah Pilk U adalah hidangan kuliner yang memiliki tampilan mirip dengan Koti. Perbedaannya adalah bahwa esensi ini penuh dengan daun millet kari dan buah-buahan, kacang panjang, kacang tanah, daun singkong, daun pepaya dan daun cacombrang. Terkadang chu atau sejenis siput sungai juga diberikan.

Iklan
Zodiak kuliner ini dulunya zodiak kuliner kerajaan di Asheh, tetapi sekarang telah berkembang menjadi dapur yang bisa dinikmati siapa saja.

Dapur ini biasanya disajikan ketika ada acara besar seperti perayaan.

Baca juga: Banda Aashne? Menginap di Banda Aceh adalah rekomendasi yang nyaman.

5. Ikan kayu

Masakan Banda Ashe
Ikan kayu di Ash biasanya disimpan dan dibawa oleh wisatawan. Vir

Ikan kayu adalah hidangan kuliner yang telah lama menjadi makanan yang dinikmati oleh masyarakat Aceh. Zodiak kuliner ini disebut “Yungkot Keumamah” dalam bahasa Ashan. Biasanya disajikan dengan kari abu khas.

Ikan ini murah dan bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah, karena harganya terjangkau dan tahan lama hingga satu tahun. Hidangan kuliner ini dapat ditemukan di berbagai toko suvenir Asheh.

Sumber: https://wisatakuliner.id

Baca juga: