Konsep Persamaan Dasar Akuntansi

Seperti yang kita ketahui, dalam kegiatan akuntansi, setiap transaksi keuangan harus dicatat dan dilaporkan. Kegiatan ini tentu saja tercermin dalam transaksi bisnis. Masalahnya, bagaimana cara merekamnya? Sekarang dalam akuntansi, ada konsep persamaan akuntansi dasar yang perlu dipertimbangkan saat merekam.

Konsep dasar persamaan akuntansi adalah sebagai berikut:

Table of Contents

Persamaan akuntansi dasar

Kekayaan adalah instrumen ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya, uang, piutang, alat, peralatan, tanah, bangunan, dan lainnya.

Hutang adalah kewajiban yang harus ditanggung oleh pihak lain untuk pinjaman. Misalnya, utang bank, utang upah, utang bisnis, utang untuk membeli barang.

Modal adalah hak dana / pemegang saham atas aset perusahaan.

Saat menghitung transaksi keuangan dengan persamaan dasar ini, Anda perlu mengingat dua hal, yaitu pendapatan dan pengeluaran. Persamaan akuntansi dasar

Keduanya akan mempengaruhi jumlah modal. Jika pendapatan meningkat, modal akan meningkat. Jika biaya meningkat, modal akan berkurang.

Persamaan akuntansi dasar

Nah, untuk mempermudah, mari coba contoh di bawah ini!

1 Desember 2017 NY. Fira mendirikan salon kecantikan “Paras Salon”. Berikut adalah berbagai transaksi yang diterima di salon dalam satu bulan:

Pada 1 Desember, Ms Fira menyetor uang tunai sebesar RN 20.000.000.
Pada tanggal 1 Desember, Ms. Fira membeli peralatan salon seperti kursi, pengering rambut, dan alat pengeriting rambut dengan harga $ 10.000.000,00 dalam bentuk tunai.
Pada 5 Desember, Ny. Fira membayar Rs.
Dalam dua minggu, Paras Salon menerima banyak langganan. Mereka dapat dibayar untuk promosi dalam beberapa minggu. Pada 15 Desember, jumlah faktur untuk pelanggan adalah Rs 1.500.000,00.
Pada 20 Desember, Ms Fira membayar 2.000.000,00 RP untuk pembelian peralatan salon pada 5 Desember.
Pada 21 Desember, Ny. Fira menyewa sebuah gedung untuk perusahaannya. Pada hari itu, sewa rumah dibayar dalam jumlah RP. 300.000,00 Desember.
Perusahaan membayar gaji sebesar Rs 450.000,00 di salon pada bulan Desember.
Pada akhir Desember, pembayaran dalam jumlah RP diterima. 700.000,00 dari pelanggan yang menerima layanan salon kecantikan pada tanggal 15 Desember.
Dalam dua minggu terakhir bulan Desember, Paras Saloon menawarkan layanan kepada sejumlah pelanggan senilai Rp 3.800.000,00. Hari ini, mereka mengirim faktur kepada pelanggan.
Pada akhir Desember, biaya listrik dan air dibayar masing-masing sebesar Rs 250.000,00 dan Rs 150.000,00.
Persediaan sisa peralatan salon pada tanggal 31 Desember adalah sebesar Rs 3.000.000.
Pada 31 Desember, Ms Fira mengambil 600.000 RP untuk penggunaan pribadi.

Cobalah untuk membuat tabel. Bisakah Anda melakukannya, RG Squad? Hei, bagian kiri (aset) harus sama dengan bagian kanan (utang dan modal).

Jika demikian, coba bandingkan dengan tabel di bawah ini:

Persamaan akuntansi dasar

Bagaimana ada yang salah? Coba cari kesalahan Anda, apa alasan Anda salah? Jika Anda benar, selamat! Itu artinya kamu berhasil! Kami membagikan hasilnya di kolom komentar!

Jika Anda ingin mempelajari hal-hal ekonomi lainnya selama percakapan, silakan lanjutkan dengan daftar ruang digitalbootcamp!

Sumber: https://guruakuntansi.co.id

Baca juga: