Belajar Seru Bersama Anak di Bulan Ramadan

Ramadhan adalah momen bagi umat Islam untuk berpuasa selama satu bulan. Orang yang sudah remaja cenderung memahami makna sumpah ini, sedangkan pada orang yang lebih muda mereka hanya meniru lingkungan mereka.

Padahal, puasa tidak wajib bagi anak yang belum mengalami pubertas atau pubertas. Tetapi orang tua perlu mengajarinya sejak dini untuk membiasakan diri dengannya. Karena anak di bawah umur masih dalam proses belajar, mereka diajarkan untuk berpuasa dengan lambat, memberikan contoh dengan penjelasan tentang tujuan dan niat puasa.

Saat Anda mulai belajar dengan cepat, tidak jarang anak-anak tidak merasa lemah, lapar, dan bersemangat. Karena itu, orang tua perlu kreatif untuk melakukan kegiatan rekreasi di rumah agar puasa lebih menyenangkan. Dengan demikian, bahkan kegiatan yang dikelola dengan baik dapat menjadi media pembelajaran bagi anak-anak.

Nah, berikut ini 3 kegiatan yang bisa kita gunakan sebagai media belajar bersama anak saat puasa.

Manfaatkan aplikasi e-learning

Hidup dengan anak-anak sambil belajar kegiatan yang menyenangkan dengan anak-anak selama bulan Ramadhan (sumber: pexels.com)
Anda dapat menggunakan platform Kahut! Buat pendidikan yang interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran berbasis permainan ini dapat digunakan untuk berbagai tingkat pendidikan. Pengguna dapat membuat dan menjawab kuis dengan banyak pilihan. Platform ini berpendidikan tinggi dan cocok untuk digunakan sehingga anak-anak tidak bosan dalam proses belajar.

Anda juga dapat menggunakan video pembelajaran di ruang belajar, yang Anda berikan dengan animasi yang menarik dan membuatnya lebih mudah bagi anak untuk memahami konten. Selain itu, ruang kelas memiliki fasilitas Petualangan Ruangguru yang dapat membuat anak-anak kecanduan untuk belajar seperti bermain game. Dengan fitur-fitur ini, seorang anak dapat membuat avatar mereka sendiri dan bersaing untuk mengumpulkan poin dengan menonton video dan menyelesaikan masalah. Anda kemudian dapat mengubah titik-titik ini menjadi berbagai objek digital yang menarik.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi YouTube jika ingin belajar, dan kemudian jelajahi konten yang Anda bisa dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Anak-anak tidak bosan dan mengajar mereka itu menyenangkan. Ingatlah untuk memberi hadiah ketika anak merespons dengan benar.

Dengan belajar sambil bermain, anak-anak bisa menjadi lebih produktif dan lupa berpuasa.

Buat kartu ucapan bertema Ramadhan

Kegiatan menyenangkan dengan anak-anak selama Ramadhan Merancang kartu ucapan dengan anak-anak (Sumber: pexels.com)
Untuk periode karantina ini, kita perlu meminimalkan interaksi langsung dengan semua orang. Anda bisa menyampaikan kehangatan kepada keluarga Anda dengan selamat. Dorong anak-anak untuk menjadi kreatif dengan menulis di atas kertas, dan kemudian Anda dapat menyiapkan beberapa dekorasi untuk ditempatkan di kartu ucapan. Aktivitas ini dapat merangsang otak kanan anak untuk menjadi lebih kreatif. Anda juga dapat mengajar anak-anak menulis kata-kata dengan membuat kartu ucapan.

Persiapkan menu saat ini bersama

Kegiatan yang menyenangkan dengan anak-anak selama persiapan Ramadhan yang sehat dan praktis untuk makan bersama berbuka puasa (sumber: Paxels)

Anak-anak senang terlibat dalam suatu kegiatan. Salah satunya mengajak anak-anak ke dapur untuk menyiapkan menu buka puasa. Saat menyiapkan menu, Anda dapat memilih menu makanan yang tepat sehingga anak-anak akan dengan mudah memprosesnya dan tidak akan menyebabkan Anda merasa tidak nyaman.

Dalam kegiatan ini, anak-anak dapat belajar bereksperimen dengan materi yang disertakan. Misalnya, ketika anak membuat puding, mereka menggabungkan dua zat berbeda, puding bubuk dan air. Kombinasi kedua zat ini menciptakan zat baru yang kenyal. Ini adalah sesuatu yang baru bagi mereka.

Selain itu, mereka dapat membantu mencuci buah dan sayuran. Setelah itu, Anda bisa meminta bahan dalam sayuran dan buah-buahan untuk dicuci. Dengan cara ini, anak-anak dapat menambah pengetahuan dan belajar kosa kata baru.

Nah, tiga tip di atas adalah berbagai jenis kegiatan belajar yang dapat Anda lakukan dengan anak-anak selama bulan Ramadhan. Seperti yang telah disebutkan, salah satunya adalah dengan memasuki ruang belajar, yang mencakup video animasi serta video yang dijelaskan oleh kepala sekolah.

Baca juga: