Manfaat Okra Untuk Kesehatan

Salah satu jenis sayuran yang mungkin masih belum familiar pada Indonesia, yakni okra atau yang lebih dikenal menggunakan istilah asing “lady finger”. Okra mempunyai nama ilmiah Abelmoschus Esculentus yg umumnya hanya tumbuh pada Negara beriklim tropis, misalnya Indonesia. Sayur okra ini mempunyai tekstur berlendir dan bisa diolah menggunakan cara ditumis. Seperti sayuran lainnya, manfaat okra juga baik buat kesehatan tubuh Anda. Manfaat okra yang bisa Anda Anda dapatkan adalah seperti berikut adalah.

1. Bersifat antikanker
Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya & paling ditakuti sang hampir seluruh orang. Penyakit tadi sanggup dicegah dengan cara mengonsumsi obat ataupun makanan eksklusif. Ternyata, sayur okra jua bersifat antikanker sehingga mampu mencegah sel kanker tumbuh dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tanaman okra merupakan asal antioksidan yg sangat baik dan berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan mampu melindungi tubuh berdasarkan radikal bebas dan mutasi sel kanker.

Dua. Baik buat penderita diabetes
Diabetes adalah penyakit yg disebabkan oleh naiknya kadar gula dalam tubuh. Pemicunya sanggup lantaran terlalu banyak mengonsumsi nasi putih dan makanan manis. Diabates mampu disembuhkan dengan cara mengonsumsi makanan sehat, keliru satunya merupakan okra. Manfaat okra memiliki sifat alami yang mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Jika Anda memiliki penyakit diabetes, Anda mampu mengonsumsi 6-8 butir okra setiap hari.

3. Melancarkan sistem pencernaan
Masalah pencernaan yg paling tak jarang dialami sang sebagian besar orang adalah susah buang air besar (BAB). Ketika susah BAB, perut akan sebagai terasa penuh & nir nyaman, bahkan bisa terasa sakit karena terlalu banyak menyimpan sampah. Masalah tersebut mampu Anda atasi menggunakan mengonsumsi okra. Sayur okra ini dianggap mampu melancarkan BAB karena mempunyai kandungan serat & lendir yg sanggup dijadikan menjadi obat pencahar.

4. Membantu penyakit ginjal
Dalam sebuah penelitian dari 417 pasien dengan penyakit ginjal, okra mengurangi kadar protein tinggi dalam urine, yg adalah penanda kerusakan ginjal. Pada 35 pasien menggunakan penyakit ginjal yg terkait menggunakan diabetes, sayur okra bertindak menjadi antioksidan, mengurangi kadar protein tinggi pada urine, & meningkatkan fungsi ginjal.

Lima. Membantu mengatasi diabetes
Percobaan yg sudah dilakukan dalam tikus hamil yang menderita diabetes, manfaat okra mengurangi gula darah & insulin. Ini juga mengurangi HbA1C (penanda diabetes), dan prosuksi karbohidrat hati.

Pada tikus obesitas & diabetes, ekstrak okra mengurangi gula darah, jua menaikkan berat badan. Ini sanggup terjadi saat kadar gula darah membaik sehabis periode gula darah tinggi. Okra adalah sayuran yang dapat menaikkan penggunaan gula oleh otot-otot tikus diabetes (peningkatan glikogen otot). Suplemen okra juga dapat mengurangi penyerapan gula pada usus tikus diabetes.

Baca Juga: