Lenovo bergabung dengan Dell di klub OEM Linux Laptop

Lenovo bergabung dengan Dell di klub “OEM Linux Laptop”

Lenovo bergabung dengan Dell di klub “OEM Linux Laptop”

 

Lenovo bergabung dengan Dell di klub OEM Linux Laptop
Lenovo bergabung dengan Dell di klub OEM Linux Laptop

Sepertinya Lenovo mungkin mengalahkan Dell sebagai nama besar di laptop OEM Linux — tidak termasuk pengecer khusus seperti System76, tentu saja. Red Hat dan Lenovo mengumumkan Fedora Workstation yang telah diinstal sebelumnya dan didukung pabrik pada beberapa model laptop ThinkPad di Red Hat Summit minggu ini.

Dukungan Linux Dell pada umumnya terbatas pada satu atau dua laptop

yang sangat spesifik — pertama, netbook lama yang bertenaga Atom dan, baru-baru ini, jajaran XPS 13 Developer Edition. Lenovo merencanakan jejak Linux yang jauh lebih luas di jajaran produknya.
Jakub Steiner menghasilkan video stinger pendek untuk berita Lenovo, untuk digunakan di Red Hat Summit.

Fedora Workstation akan menjadi opsi yang dapat dipilih selama pembelian untuk laptop Thinkpad P1 Gen2, Thinkpad P53, dan Thinkpad X1 Gen8 — dan Lenovo dapat menawarkan dukungan model yang lebih luas di masa depan. Pengembang Senior Linux Lenovo Mark Pearson, yang akan menjadi bintang tamu dalam Pertemuan Video Fedora Council Mei 2020, menyatakan sikap perusahaan tentang integrasi yang akan datang:

Lenovo bersemangat untuk menjadi bagian dari komunitas Fedora. Kami ingin memastikan pengalaman Linux yang optimal pada produk kami. Kami berkomitmen untuk bekerja bersama dan belajar dari komunitas open source.

Saya senang melihat bahwa Lenovo mengambil langkah ini untuk

menawarkan dukungan Linux yang telah diinstal sebelumnya. Walaupun saya pribadi adalah pengguna Ubuntu yang keras, juga menyenangkan untuk melihat bahwa Lenovo menggunakan distro yang berbeda — sementara banyak di komunitas kami meratapi “fragmentasi,” Saya pribadi percaya bahwa keragaman adalah salah satu kekuatan terbesar komunitas Linux.

Lenovo telah berkomitmen untuk menjadikan pengalaman pra-instal hanya berfungsi menggunakan perangkat lunak dari repositori Fedora utama — tidak ada repo pihak ketiga yang diperlukan, dan secara default tidak ada driver eksklusif yang akan diinstal. Sekalipun Fedora bukanlah distro pilihan pribadi Anda, Thinkpad Workstation OEM dari OEM hampir pasti akan menjadi pilihan terbaik bagi sebagian besar distro yang mungkin Anda pilih untuk menggantikannya.

Bacaan lebih lanjut

Linux pada Laptop: ASUS Zephyrus G14 dengan Ryzen 9 4900HS
Sayangnya, Yoga Slim 7 yang akan datang — ditenagai dengan CPU laptop Ryzen 7 4800U atau Ryzen 5 4600U Zen — tidak ada dalam daftar model-model awal Lenovo yang didukung. Saya masih ingin mendapatkan satu untuk ditinjau – dual-GPU Zephyrus G14 tidak berjalan dengan baik dengan Ubuntu, tapi saya masih berharap bahwa Slim 7 yang dirancang lebih sederhana akan lebih baik.

Sumber:

https://freemattandgrace.com/seva-mobil-bekas/