R80 Solusi Transportasi Indonesia

R80 Solusi Transportasi Indonesia

R80 Solusi Transportasi Indonesia

R80 Solusi Transportasi Indonesia
R80 Solusi Transportasi Indonesia

ANTREAN anak-anak sekolah tampak mengular di depan desain kokpit pesawat R80 yang ada di Bekraf Habibie Festival 2017 di JI Expo, Jakarta, pekan ini. Mereka secara bergiliran memasuki dan mencoba berbagai tombol yang ada di ruangan yang dapat diisi dua orang itu. Tidak hanya siswa pelajar yang antusias dengan produk buatan anak Indonesia itu. Ruang kokpit pesawat yang dilengkapi dengan teknologi fly by wire ini berupa sistem kendali menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah.

Para pengunjung dari semua kalangan yang hadir di pameran teknologi

terbaru juga tertarik untuk melihat dan mencoba semua teknologi itu. “Semoga pesawat ini menjadi batu loncatan industri penerbngan Indonesia agar lebih baik lagi dan mengenalkan kepada dunia bahwa Indonesia juga bisa bikin pesawat, dan harapannya dengan pesawat ini Indonesia dapat mengurangi atau bahkan tidak lagi mengimpor pesawat,” ujar Vina, mahasiswa Universitas Padjadjaran yang datang ke pameran kepada Media Indonesia di JI Expo, pekan ini.

Dari semua teknologi itu, pesawat R80 yang menarik perhatian. Pesawat

berkapasitas 80-90 penumpang itu dinilai Ilham A Habibie selaku founder dari Indonesia Berkarya sebagai jawaban masalah transportasi antarpulau. “Jadi, kalau teknologi pesawat terbang untuk di Indonesia itu bermanfaat sekali buat kita apalagi kalau kita berbicara dalam skenario kita terbang dari pulau ke pulau. Kalau untuk individu atau penumpang yang paling efisien baik jarak pendek maupun jarak panjang adalah pesawat,” terang Ilham.

Ilham mengaku pembuatan pesawat itu terinspirasi akan kebutuhan

geografis di Indonesia. Layaknya pesawat pada umumnya, R80 dilengkapi sayap tengah dan dua mesin. “Jadi untuk menginspirasi suatu produk yang total baru, ya, kurang lebih samalah. Namun, yang penting adalah cocok dengan kebutuhan kita di Indonesia. Itu yang memberikan kita masukan ide dan inspirasi bagaimana kita harus membuat R80 ini,” jelas Ilham.

 

sumber :

https://profilesinterror.com/darkland-apk/