Peralatan Komputer PDF Installation

Peralatan Komputer PDF Installation

Peralatan Komputer PDF Installation

Peralatan Komputer PDF Installation
Peralatan Komputer PDF Installation

Komputer merupakan alat elektronik yang mampu menerima input berupa data dan mengolah data tersebut sehingga menghasilkan output yang berupa informasi. Dalam melakukan pengolahan data tersebut maka komputerterdapat beberapa komponen yang mempunyai tugas sendiri – sendiri. Komponen tersebut yaitu komponen input, output, pemroses dan penyimpan.
Komponen I/O digunakan untuk menerima input dan menghasilkan data sedangkan untuk memproses data agar menghasilkan informasi yang berguna dibutuhkan komponen utama yaitu CPU ( Central Prosessing Unit ). Disamping komponen tersebut terdapat komponen lain antara lain ROM ( Read Only Memory ), RAM ( Random Access Memory ), dan hardisk.
Untuk memasukan data kedalam komputer digunakan input device ( alat masukan ) diantaranya yaitu keyboard, mouse, scanner, microphone, danlain – lain, sedangkan untuk menghasilkan informasi dibutuhkan alat keluaran ( output device ) diantaranya yaitu monitor, printer dan speaker. Alat input output tersebut menyatu dengan komponen yang lain melalui I/O.
Komponen ROM yaitu jenis penyimpan program yang hanya dapat dibaca. ROM ini berisi program BIOS ( Basic Input Output Sistem ) yang dipergunakan untuk mendeteksi komponen – komponen perangkat keras pada saat komputer mulai dihidupkan. Program BIOS dibuat oleh vendor komputer dan tidak dapat diganti oleh pengguna.
RAM merupakan jenis memori yang isinya dapat diganti – ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat mengingat data atau program selama terdapat arus listrik. Pada saat kita menggunakan salah satu program aplikasi maka data akan disimpan sementara dalam memori ini selama komputermasih hidup. Jika komputer mati maka data atau program yang ada dimemori ini akan hilang.
Sedangkan komponen hardisk digunakan untuk menyimpan program atau data secara permanen. Pada hardisk inilah semua program seperti program system operasi dan program aplikasi disimpan. Dari semua komponen elektronik bekerja bersama – sama sehingga menghasilkan informasi yang berguna dan dapat dikenali oleh manusia.

Sumber : https://furnituremebeljepara.co.id/