Prediksi Kondisi Myanmar (Burma)

Prediksi Kondisi Myanmar (Burma)

Prediksi Kondisi Myanmar (Burma)

Prediksi Kondisi Myanmar (Burma)
Prediksi Kondisi Myanmar (Burma)

Prediksi Kondisi Myanmar (Burma) Terkait Pemikiran Aung San Suukyi

Tepat tanggal 14 November 2010 kemarin, pejuang prodemokrasi Myanmar resmi bebas dari rumah tahanan setelah menjalani penahanan selama 15 dari 21 tahun terakhir ini[3]. Pembebasan San Suu Kyi adalah sebuah anugerah bagi rakyat Burma yang sangat merindukan udara segar bagi kelangsungan demokrasi di tanah air.

Prediksi saya terhadap kondisi Myanmar (Burma) kedepannya jika dikorelasikan dengan pemikiran San Suu Kyi terkait demokrasi dapat dikatakan ada prospek yang bagus bagi tumbuhnya demokrasi di tanah Burma. Mengapa demikian? Karena berdasarkan kenyataan yang ada selama ini menunjukkan bahwa rezim Junta sudah kehilangan pendukung baik dari dalam kalangan rakyat Burma (Myanmar) itu sendiri maupun dari dunia luar yang dalam hal ini diwakili oleh PBB beserta organisasi internasional lainnya. Selain itu juga, semangat yang dibawa oleh San Suu Kyi pastilah sangat mempengaruhi pula semangat rakyat dan pendukungnya untuk lebih masif menyuarakan demokrasi di Burma.

Apabila melihat agenda pemerintahan Junta pun ternyata dapat mendukung prediksi saya ini bahwa Pemerintah Myanmar pada tahun 2003 telah mencanangkan apa yang mereka sebut sebagai tujuh tahapan Roadmap to Democracy. Roadmap itu menjelaskan adanya dua tahapan yang harus dilakukan dalam waktu dekat. Pertama, pemerintah Myanmar menyelenggarakan referendum Konstitusi baru pada 10 Mei 2008 lalu[4]. Selain itu tekanan dari PBB, Uni Eropa serta ASEAN telah memberi teguran kepada Junta agar mengubah atmosfir pemerintahan Burma ke arah demokrasi.

Dari berbagai fakta yang ada dan sikap yang telah diambil oleh pemerintah Myanmar (Burma) serta sikap tegas dari dunia luar yang mendorong dan menuntut agar demokrasi segera diwujudkan di tanah Myanmar maka dapat diprediksi bahwa prospek demokrasi di Burma (Myanmar) terlebih lagi setelah Pembebasan San Suu Kyi dapat dikatan memiliki peluang untuk tumbuh dengan baik.

Baca Juga :