Tentang Bisnis Eceran

Tentang Bisnis Eceran

Table of Contents

Tentang Bisnis Eceran

Tentang Bisnis Eceran
Tentang Bisnis Eceran

Berkembangnya dunia bisnis dan perdagangan di Indonesia  menunjukkan peningkatan yang signifikan pada periode pasca krisis moneter  yang diawali sekitar pertengahan tahun 1997. Hal ini ditunjukkan oleh  beragamnya jenis usaha yang diupayakan oleh masyarakat untuk dapat  memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu kegiatan yang pesat  perkembangannya yaitu kegiatan jual beli barang maupun jasa dengan sistem  eceran atau lebih dikenal dengan istilah bisnis eceran. Kegiatan bisnis jual beli barang ini dijalankan dalam berbagai bentuk, ada  yang dalam bentuk usaha mandiri atau independent store, usaha mini swalayan atau minishop/minimarket dan bahkan dalam bentuk mini departement store  yang terkenal dengan istilah toko serba ada (toserba). Bentuk eceran lainnya  seperti franchising semakin berkembang dengan pesat. Sebagai contoh franchise  mini market Indomaret milik Grup Salim, diperkirakan gerai (toko-jaringan)  Indomaret telah mencapai lima ratus lebih di Jabotabek.

 

Perkembangan lainnya yaitu munculnya Lippo Shop yang mengakuisisi saham DialMart , sehingga  menenggelamkan nama DialMart. Dengan anggota yang telah mencapai 80.000  pelanggan maka dapat dikatakan bisnis ini telah memberikan keuntungan  sekaligus sisi positif lain yang cukup menjanjikan. Kenyataan ini memperlihatkan perkembangan aktivitas bisnis yang menggembirakan. Kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dirintis oleh pebisnis eceran dengan sungguh-sungguh agar kelangsungan usahanya dapat tercapai. Misalnya kerjasama dengan pemasok untuk mendapatkan barang barang  yang dibutuhkan yang umumnya disertai dengan potongan harga  tertentu, atau kerjasama dengan perusahaan periklanan, media cetak, televisi, sebagai sarana promosi untuk meningkatkan volume penjualan.

Peningkatan volume penjualan, berarti meningkatnya jumlah transaksi  yang terjadi pada suatu toko. Transaksi yang terjadi tentunya perlu dicatat  dalam bentuk suatu laporan tertentu sehingga pebisnis eceran dapat melakukan evaluasi yang diperlukan untuk peningkatan aktivitas bisnisnya. Bentuk-bentuk  laporan tersebut selanjutnya akan dibahas dalam bagian lain dari modul ini.

Melihat kondisi tersebut di atas, maka yang dibutuhkan dalam  pengelolaan suatu toko selain pelayanan, strategi penentuan lokasi, ketersediaan  barang (inventory) dan promosi , pencatatan transaksi yang baik dan benar  memegang peranan yang tak kalah penting, hal ini dikenal dengan istilah Retail Accounting (Akuntansi Eceran).

Sumber : https://zalala.co.id/battle-for-the-galaxy-apk/