Konsep Dasar Bisnis Eceran

Konsep Dasar Bisnis Eceran

Table of Contents

Konsep Dasar Bisnis Eceran

Konsep Dasar Bisnis Eceran
Konsep Dasar Bisnis Eceran

Definisi dasar dari bisnis eceran adalah semua kegiatan dan aktivitas  bisnis yang ditujukan pada penjualan barang dan jasa secara langsung kepada pihak konsumen. Karenanya bisnis eceran adalah bagian dari sistem pendistribusian produk, sebagai jembatan antara pabrik atau manufaktur dan konsumen.

Seorang pebisnis/pedagang eceran harus memiliki kepekaan terhadap kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Seringkali diperlukan perubahan kebijakan dan strategi dari pihak pedagang untuk mengantisipasi perkembangan dan perubahan keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Untuk itu berbagai informasi berkaitan dengan pesaing, informasi dari konsumen,

informasi dari pemerintah, buku-buku dan laporan bisnis lainnya diperlukan dalam mengembangkan bisnis eceran. Konsep yang dapat mendukung suksesnya usaha seseorang dalam bisnis eceran yaitu menerapkan 6 prinsip, menjual barang yang tepat (the right item), dengan tempat yang tepat (in the right place), pada waktu yang tepat (at the right time), jumlah yang tepat/memadai(in the right quantity), dengan harga yang sesuai (at the right price), dan pelayanan yang memuaskan (with the right service).

Suatu transaksi eceran merupakan kegiatan tukar-menukar barang antara dua pihak sehingga kedua pihak tersebut mendapat kepuasan. Pada awalnya transaksi dilakukan secara barter barang, namun perkembangan selanjutnya transaksi merupakan pertukaran antara uang dan barang.

Klasifikasi eceran

1. Dilihat dari kepemilikannya, eceran dapat diklasifikasikan ke dalam :

a. Independent retailers, biasanya usahanya masih skala kecil dengan satu toko. Operasional toko dilakukan secara individual, kekeluargaan atau perkawanan

b. Chain store, beberapa toko dimiliki dan dikelola oleh pusat. Biasanya jenis produk yang dijual, layout dan pelayanan dari setiap toko seragam

c. Franchises, merupakan kontrak kerjasama antara perusahaan induk (franchisor) dan independet businessperson (franchisee). Pihak franchisee mengikuti aturan dan kebijakan yang telah digariskan oleh perusahaan  induk dimana mereka berhak menggunakan nama dan menjual produk  serta jasa franchisor. Untuk itu pihak franchisee membayar fee dan sekian  persen keuntungan kepada franchisor. Ada tiga jenis perjanjian franchisee  untuk bisnis eceran :

(1) Manufacturer-retailer program, pihak franchisor sekaligus manufaktur.

Contohnya perusahaan perminyakan dan manufaktur mobil yang  mendistribusikan produknya melalui sistem eceran yang mereka  miliki.

(2) Wholesaler-retailer program, pihak franchisor bertindak sebagai  wholesaler

(3) Trademark/trade name license program. Pihak franchisor bertindak  sebagai induk yang memiliki trade name dan standarisasi operasional  untuk franchisee unitnya. Jasa pelayanan seperti McDonald’s,  Kentucky Fried Chicken adalah contoh dari kategori ini.

2. Dilihat dari jenis pelayanannya, eceran diklasifikasikan ke dalam :

a. Full Service Stores. Dalam kategori ini pihak pengecer menyediakan  berbagai jasa mulai pembayaran secara kredit, pengiriman langsung,  pembungkusan, instalasi, perbaikan dan berbagai jenis layanan jasa  lainnya. Contohnya adalah Departement store. Cara ini dilakukan untuk  dapat bersaing dengan kompetitor lain termasuk ke dalamnya adalah  pemberian potongan harga dan pricing.

b. Limited Service Store. Jenis ini biasanya ditemukan untuk produk atau  barang yang membutuhkan bantuan dari pelayan toko, terutama bila  konsumen ingin mencoba produk atau barang yang akan dibelinya.

Contohnya adalah pakaian pria atau wanita, sepatu, asesoris, otomotif  dan meubel.

c. Self service store. Bentuk layanan dimana konsumen dapat memilih  produknya secara langsung. Untuk memudahkan konsumen mencari  barang yang dibutuhkannya pengelola memasang display klasifikasi  barang yang mudah dilihat konsumen. Kadang disediakan beberapa  pelayan toko yang membantu konsumen mencari barang dicarinya.

3. Dilihat dari tipe produk yang dijual

a. Departement store, merupakan eceran yang menjual berbagai jenis produk.

Secara umum produk yang dijual departemen store terbagi menjadi 3 tipe  yaitu : kebutuhan wanita, pria dan anak-anak, kebutuhan rumah tangga   dan kebutuhan umum.

b. Discount store, hampir mirip dengan departemen store namun  dikhususkan menjual barang-barang bermerk dengan harga miring.

c. Supermarket, seringkali disebut departement store for food, karena menjual  makanan dan minuman. Pada perkembangan selanjutnya supermarket  juga banyak menjual kebutuhan sehari-hari lainnya.

d. Speciality and Single-Line Stores, eceran yang mengkhususkan menjual  barang-barang dengan spesifikasi khusus, seperti barang-barang kulit,  pemoles mobil, cuci-cetak film dan lain-lain. Karena kekhususannya  hanya konsumen dengan kebutuhan khusus pula yang datang untuk  membeli barang-barang tersebut.

Dalam eceran tradisional, pedagang dan konsumen saling bertemu di suatu  tempat atau toko, namun sejalan dengan perkembangan zaman, kini dikenal  beberapa metode menjual barang secara eceran, diantaranya :

a. Mail order. Dengan cara ini, konsumen cukup memesan barang kepada  pebisnis eceran melalui surat, untuk kemudian pebisnis eceran mengirim  barang yang dipesan konsumen tadi. Dari sisi konsumen dengan cara ini  mereka dapat menghemat waktu, selain itu konsumen dapat memesan  barang di tempat yang sangat jauh. Sedangkan dari sisi pebisnis eceran  keuntungan dari sistem ini adalah dapat meningkatkan jumlah konsumen, tidak terbatas wilayah tertentu saja. Selain itu pebisnis eceran dapat bekerja  sama dengan pihak lain untuk menjual barangnya ke konsumen.

Perkembangan internet ikut meningkatkan penjualan barang melalui mailorder

ini, dengan memanfaatkan kartu kredit untuk memudahkan sistem pembayarannya.

b. Telephone selling. Konsep dasarnya adalah telemarketing, dimana konsumen  tinggal menghubungi pebisnis eceran untuk memesan barang yang  dibutuhkannya, untuk kemudian pebisnis eceran mengirimkan barang yang  dipesan konsumen tadi. Cara ini biasanya hanya efektif untuk cakupan  wilayah tertentu.

c. Household contact adalah penjualan eceran dengan cara dari pintu ke pintu, atau penjualan secara berkeliling dari rumah ke rumah. Beberapa barang ada  yang cocok dijual dengan cara ini, diantaranya penjualan buku-buku atau ensiklopedia, kosmetik atau penghisap debu.

d. Automated Merchandising (Vending Machine) adalah pembelian barang dengan cara memasukkan koin ke dalam mesin. Biasanya vanding machine ini digunakan untuk gula-gula, makanan atau minuman ringan

e. Catalog Showroom, adalah cara penjualan dimana pebisnis eceran hanya memperlihatkan katalog dari barang-barang yang dijualnya. Biasanya katalog tersebut menawarkan berbagai macam barang berkualitas dengan harga miring.

f. Boutiqe.Butik termasuk ke dalam independent shop atau suatu departement dalam toko besar yang menjual produk khusus, dimana butik tersebut  menempati area tertentu dalam toko dengan penampilan, dekorasi dan suasana yang berbeda. Pada saat sekarang butik tidak hanya terbatas pada  barang-barang seperti baju atau aksesorisnya namun banyak pula butik yang mengkhususkan pada hobi-hobi tertentu, misalnya butik tennis yang menjual berbagai macam barang yang ada hubungannya dengan tennis.

Sumber : https://zalala.co.id/cooking-fever-apk/