Perkembangan Terakhir

Perkembangan Terakhir

Table of Contents

Perkembangan Terakhir

Perkembangan Terakhir
Perkembangan Terakhir

Perkembangan terakhir dinamika sistem telah difokuskan pada kemampuan dinamika sistem untuk mendorong proses pembelajaran di organisasi.

Senge (1990) menganggap bahwa dinamika sistem—yang dinyatakan sebagai ’disiplin kelima’—sebagai alat paling penting yang harus dikuasai oleh suatu organisasi dalam upayanya menjadi suatu ’organisasi pembelajaran’. Hanya dinamika sistem yang mampu menampilkan struktur sistemik yang melandasi tingkah laku mereka. Namun demikian, penting untuk mendukung studi disiplin kelima ini dengan penelitian pada empat disiplin lainnya yang sama pentingnya dalam upaya penciptaan organisasi pembelajaran. Empat disiplin tersebut adalah ’penguasaan personal’, ’pengaturan model mental’, ’pengembangan visi bersama’, dan ’pembelajaran secara tim’. Penguasaan personal melibatkan individual dalam upaya mereka untuk secara terus menerus memperjelas dan memperdalam pengertian akan tujuan mereka sendiri. Disiplin pengaturan model mental menjadikan organisasi untuk terus mempertanyakan asumsi yang dipakai dalam menentukan pandangan umum yang mendasari tingkah laku mereka. Visi bersama membutuhkan penggalian visi masa depan yang dapat menginspirasi konsensus dan komitmen. Belajar secara tim, jika didorong dengan baik, memungkinkan suatu organisasi untuk memperoleh keuntungan dari sinergi pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Meskipun dinamika sistem lebih fundamental dibandingkan dengan semua ini dan dapat mempengaruhi mereka semua, keempat disiplin ini perlu pula didalami.

Karya Vennik (1996) yang terkait dengan pusat ’pengembangan model kelompok’ tentang integrasi model mental individual menyimpulkan bahwa setiap model pada awalnya menawarkan perspektif terbatas tentang proses sebab-akibat dalam kerja. Pendekatan yang diambil sangat bergantung pada keahlian fasilitator yang bertugas membantu kelompok untuk menjabarkan model awal ke dalam model dinamik yang menggmbarkan realitas sosial bersama dan konsensus tentang sifat masalah yang dihadapi. Seluruh anggota kelompok terlibat sejak awal sehingga hal ini dapat meningkatkan upaya pembelajaran secara tim dan menciptakan komitmen atas keputusan yang diambil.

Sterman (2000) menunjukkan masa depan yang cerah bagi dinamika sistem. Dinamika sistem berinteraksi, melalui teknologi komputer, dengan bidang seperti ilmu kompleksitas dan intelegensia artifisial, serta dengan bidang riset kualitatif yang terkait model mental, pembelajaran dan pengambilan keputusan strategis.

Sumber : https://obatsipilisampuh.id/1password-apk/