Bangun Gapura Garuda Pancasila, Edutech Ini Catatkan Rekor Dunia

Bangun Gapura Garuda Pancasila, Edutech Ini Catatkan Rekor Dunia

Bangun Gapura Garuda Pancasila, Edutech Ini Catatkan Rekor Dunia

Bangun Gapura Garuda Pancasila, Edutech Ini Catatkan Rekor Dunia
Bangun Gapura Garuda Pancasila, Edutech Ini Catatkan Rekor Dunia

Extramarks Education Indonesia, sebuah perusahaan di bidang pendidikan digital atau education technology (edutech), berhasil memecahkan rekor dunia baru dengan pembuatan Gapura Garuda Pancasila setinggi 17 meter.
Gapura tersebut dibangun untuk memeriahkan HUT RI ke-74 yang tahun ini mengangkat tema “SDM Unggul Indonesia Maju”.

“Tema HUT RI tahun ini sejalan dengan tujuan kami yaitu membangun

SDM unggul melalui pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan. Untuk itu, kami menggagas pembangunan Gapura Garuda Pancasila setinggi 17 meter, sebagai pengingat sekaligus penyemangat kami dalam mewujudkan tujuan tersebut,” jelas Fernando Uffie, Country Manager Extramarks Indonesia.

Pihak Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diwakili oleh Awan Raharjo selaku Senior Manager MURI mengatakan bahwa Replika Garuda Pancasila yang dipersembahkan oleh Extramarks ini, telah memenuhi syarat kriteria MURI untuk mencatatkan rekor dunia kepada Extramarks.

“Gapura raksasa ini tidak hanya tercatat sebagai rekor Indonesia, melainkan menjadi rekor dunia baru. Filosofinya juga kuat, dimana pembuatannya memakan waktu selama delapan hari, dan dikerjakan oleh 45 orang seniman terbaik Indonesia serta dirangkai dengan menggunakan kacang goreng sebanyak 1,5 ton,” lanjut Awan.

Sebagai informasi, Gapura Garuda Pancasila ini tersusun dari bahan baku

kacang dan dikembangkan dalam 8 hari oleh 45 seniman dengan berbagai latar belakang budaya. Angka-angka ini terhubung dengan 17 Agustus 1945 (17 – 8 – 1945), Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sementara bahan kacang digunakan sebagai pengingat akan filosofi kacang jangan lupa kulit.

“Replika Garuda Pancasila ini terbuat dari kacang yang kami yakini secara

simbolis, maknanya adalah untuk mengingatkan kita semua, khususnya para siswa untuk tidak seperti kacang yang lupa kulit. Harapannya, SDM unggul yang terbentuk nanti, tidak lupa untuk turut ambil bagian dalam membangun Indonesia,” jelas Uffie.

Pihak MURI sendiri memberikan dua penghargaan pada Extramarks Indonesia. Pertama, diberikan pada ‘Extramarks Indonesia sebagai Pendukung atas Rekor Replika Gapura Garuda Pancasila Terbesar’. Kedua, diberikan pada ‘Fernando Uffie sebagai Penggagas atas Rekor Replika Gapura Garuda Pancasila Terbesar’.

 

Sumber :

https://canvas.umn.edu/eportfolios/2019/Home/How_to_Revise_and_Edit_Your_Short_Story_in_10_Easy_Steps