Pentingnya Pendidikan, Lebih dari Sekadar Lembaran Ijazah!

Pentingnya Pendidikan, Lebih dari Sekadar Lembaran Ijazah!

Pentingnya Pendidikan, Lebih dari Sekadar Lembaran Ijazah!

Pentingnya Pendidikan, Lebih dari Sekadar Lembaran Ijazah!
Pentingnya Pendidikan, Lebih dari Sekadar Lembaran Ijazah!

Buat apa sekolah tinggi-tinggi? Sayang banget waktu dan uangnya dihabiskan untuk sekolah. Mending langsung kerja saja, bisa dapet uang lebih cepat daripada orang yang masih sekolah. Sekolah tinggi-tinggi juga percuma, tetap susah mencari pekerjaan.”

Percayalah, ungkapan seperti ini masih sering terdengar di masyarakat abad ke-21! Bahkan mungkin juga kita sendiri adalah salah satu orang yang setuju dengan anggapan itu. Berbagai pertimbangan menyeruak dalam pikiran, hingga akhirnya membuat kita galau untuk memutuskan lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau tidak. Sebenarnya tanpa dipikir panjang pun jawabannya sederhana, “Ya, lanjut!” karena pendidikan itu sangat penting.

Definisi pendidikan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Berdasarkan definisi ini, jelas bahwa tujuan pendidikan itu sangat luas untuk kehidupan sehari-hari, tidak hanya sekadar sebagai tempat mencari ijazah dan pekerjaan. Nah, lantas apa saja fungsi atau tujuan pendidikan itu? Apa pentingnya menuntut ilmu setinggi langit seperti kata pepatah? Berikut 5 alasan yang bisa menyanggah pola pikir kamu tentang seberapa pentingnya pendidikan!
pentingnya pendidikan tinggi, manfaat pendidikan, pendidikan untuk kemajuan negaraIlustrasi pendidikan sejak usia dini. (sumber foto canva.com, photo by Pixabay)

Memberikan pengetahuan dan wawasan baru. Ini adalah hal paling penting

yang tidak bisa dipungkiri. Kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru melalui pendidikan, baik yang berhubungan dengan bidang ilmu yang sedang kita tuntut ataupun tidak. Misalnya jika kita sekolah, kuliah / kursus bidang ilmu akuntansi, maka kita akan menguasai seluk-beluk akuntansi. Ditambah lagi dengan pengalaman dan pengetahuan tentang kehidupan yang kita alami sendiri, ataupun yang dibagikan oleh teman-teman.

Membentuk sudut pandang. Wawasan yang kita miliki dapat memberi dan membentuk sudut pandang kita tentang kehidupan. Akan ada banyak pandangan baru yang mengubah pola pikir kita terhadap dunia. Misalnya, pandangan kita tentang kebhinekaan, tentang politik, SARA, budaya dsb. Pikiran kita menjadi lebih luas dan terbuka.

Membangun karakter. Didikan lembaga pendidikan akan menentukan

karakter tiap anak didiknya. Mulai dari kedisiplinan, integritas, sopan santun hingga kejujuran. Pendidikan juga memupuk kita menjadi individu yang semakin dewasa, mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat. Lembaga pendidikan juga sebagai tempat kita bersosialisasi dengan banyak teman, sehingga kita dapat belajar memahami karakter orang lain dan melatih kita untuk lebih humanis.
pentingnya pendidikan untuk karir, lanjut sekolah atau bekerjaIlustrasi pendidikan lanjut di perguruan tinggi. (sumber foto canva.com, photo by Pixabay)

Mempersiapkan karir. Tidak dapat dipungkiri bahwa karir memang menjadi

salah satu tujuan orang berpendidikan tinggi. Memang benar, dengan ijazah sekolah menengah saja sudah cukup untuk bekal mencari pekerjaan. Namun yang perlu diingat, standar pendidikan semakin hari semakin tinggi. Perusahaan dengan posisi dan gaji terbaik pun cenderung menuntut karyawan untuk berpendidikan lebih tinggi. Meski ada peluang bagi lulusan sekolah menengah, namun rasionya sangat kecil disertai dengan syarat-syarat lainnya.

 

Sumber :

https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/comment/view/500/474937/1106186