Pengertian Telematika Serta Pemanfaatannya

Pengertian Telematika Serta Pemanfaatannya

Pengertian Telematika Serta Pemanfaatannya

Pengertian Telematika Serta Pemanfaatannya
Pengertian Telematika Serta Pemanfaatannya

Telematika Merupakan Teknologi Komunikasi Jarak Jauh, Yang Menyampaikan Informasi Satu Arah, Maupun Timbal Balik, Dengan Sistem Digital. Pengertian Telematika Sendiri Lebih Mengacu Kepada Industri Yang Berhubungan Dengan Penggunakan Komputer Dalam Sistem Telekomunikasi. Yang Termasuk Dalam Telematika Ini Adalah Layanan Dial-Up Ke Internet Maupun Semua Jenis Jaringan Yang Didasarkan Pada Sistem Telekomunikasi Untuk Mengirimkan Data. Internet Sendiri Merupakan Salah Satu Contoh Telematika. Telematika Menunjuk Pada Hakikat Cyberspace Sebagai Suatu Sistem Elektronik Yang Lahir Dari Perkembangan Dan Konvergensi Telekominikasi, Media, Dan Informatika.

Para Praktisi Menyatakan Bahwa TELEMATICS Adalah Singkatan Dari TELECOMMUNICATION And INFORMATICS Sebagai Wujud Dari Perpaduan Konsep Computing And Communication. Istilah Telematics Juga Dikenal Sebagai “The New Hybrid Technology” Yang Lahir Karena Perkembangan Teknologi Digital. Perkembangan Ini Memicu Perkembangan Teknologi Telekomunikasi Dan Informatika Menjadi Semakin Terpadu Atau Populer Dengan Istilah Konvergensi.

1.1. Manfaat Telematika
Selaras Dengan Pengertian Telematika Sebagai Sarana Komuikasi Jarak Jauh, Maka Manfaat Dari Telematika Antara Lain :
1. Penyampai Informasi. Telematika Digunakan Sebagai Penyampai Informasi Agar Orang Yang Melakukan Komunikasi Menjadi Lebih Berpengetahuan Dari Sebelumnya. Bertambahnya Pengetahuan Manusia Akan Meningkatan Keterampilan Hidup, Menambah Kecerdasan, Meningkatkan Kesadaran Dan Wawasan.


  1. Sarana Kontak Sosial Hidup Bermasyarakat. Interaksi Sosial Menimbulkan Kebersamaan, Keakraban, Dan Kesatuan Yang Akan Melahirkan Kerjasama. Telematika Menjadi Penghubung Diantara Peserta Kerjasama Tersebut, Walaupun Mereka Tersebar Dimana-Mana. Telematika Menjembatani Proses Interaksi Sosial Dan Kerjasama Sehingga Menghasilkan Jasa Yang Memiliki Nilai Tambah Dibanding Hasil Perseorangan.
  1. Perkembangan Telematika Dalam Teknologi Informasi Dan Penerapan Nyata Penggunaanya
    Di Zamam Pra-Sejarah, Manusia Mengkomunikasikan Pikiran, Pengetahuan, Dan Gagasannya Ke Lingkungan Sosialnya Secara Verbal. Dan Dalam Beberapa Kasus, Dengan Menggunakan Simbol-Simbol Material Berupa Ukiran Pada Batu, Dinding Gua, Dan Lain Sebagainya. Komunikasi Tertulis Yang Mula-Mula Dikembangkan Memungkinkan Informasi Untuk Disimpan Dan Dibaca Oleh Orang-Orang Lain Di Waktu-Waktu Kemudian. Penyimpanan Dan Pengalihan Informasi Melalui Teknologi Umumnya Berlangsung Secara Lamban, Mahal Dan Membutuhkan Banyak Tenaga.
    Dengan Ditemukannya Teknologi Cetak (Printing Technology), Informasi Dapat Dialihkan Ke Lebih Banyak Orang, Di Wilayah Yang Lebih Luas Dan Dengan Biaya Yang Lebih Murah. Di Peralihan Milenium Sekarang Ini, Perkembangan Media Elektronik, Mencakup Radio, Televisi Dan Telepon Telah Memungkinkan Penurunan Waktu Pengalihan Informasi Secara Dramatik.

2.1. Contoh Nyata Penggunaan Telekomunikasi

Telekomunikasi Mempunyai Pengertian Sebagai Teknik Pengiriman Pesan, Dari Suatu Tempat Ke Tempat Lain, Dan Biasanya Berlangsung Secara Dua Arah. ‘Telekomunikasi’ Mencakup Semua Bentuk Komunikasi Jarak Jauh, Termasuk Radio, Telegraf/Telex, Televisi, Telepon, Fax, Dan Komunikasi Data Melalui Jaringan Komputer. Sedangkan Pengertian Informatika Mencakup Struktur, Sifat, Dan Interaksi Dari Beberapa Sistem Yang Dipakai Untuk Mengumpulkan Data, Memp

Baca