Disdik Sumbar Klaim Siap Laksanakan UNBK

Disdik Sumbar Klaim Siap Laksanakan UNBK

Disdik Sumbar Klaim Siap Laksanakan UNBK

Disdik Sumbar Klaim Siap Laksanakan UNBK
Disdik Sumbar Klaim Siap Laksanakan UNBK

Sedikitnya 65.480 siswa di Sumbar akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). peserta ujian dari SMP, SMK dan SMA. Sementara, sebanyak 112.197 siswa mengikuti ujian secara manual atau ujian seperti biasanya.

“Kami sudah menyiapkan sarana yang memadai seperti komputer. Sementara untuk menjamin tidak adanya pemadaman, Disdik berkoordinasi dengan PLN. Untuk jaringan internet tentunta bekerjasama dengan PT. Telkom,” kata Burhasman saat ekspos kesiapan Disdik melaksanakan UNBK, di Kantor Dinas Pendidikan Sumbar, Kamis (23/3/2017).

Sesuai data Dinas Pendidikan Sumbar, total 507 sekolah mengikuti UNBK terdiri dari 157 SMP/MTS Negeri, 43 SMP/MTS Swasta, 107 SMA/MA Negeri, 54 SMA/MA Swasta, dan 81 SMK Negeri serta 65 SMK Swasta. Dengan peserta ujian dari SMP, SMK dan SMA berjumlah 96.648 siswa.

Peserta ujian UNBK terbanyak di daerah Bukittinggi dan Sawahlunto dan Mentawai merupakan satu-satunya daerah di Sumbar yang tidak melaksanakan UNBK.

“Tahun depan Mentawai sudah siap dengan pelaksanaan UNBK. Hal ini

tentunya tidak terlepas kerjasama dengan PT. Telkom,” jelas Burhasman.

Ditambahkan Burhasman, untuk soal ujian konvensional, Disdik akan mendistribusikan soal ujian tersebut sesuai dengan jarak daerah. Jarak daerah yang jauh soal ujian akan didistribusikan tiga hari sebelum ujian dilaksanakan.

Khusus Mentawai, lanjut Burhasman, jadwal pendistribusian disesuaikan

dengan jadwal keberangkatan kapal. “Semua soal ujian mulai dari gudang hingga saat pendistribusian dikawal oleh aparat keamanan,” jelasnya.
Kesempatan yang sama, Deputy Manajer Hukum dan Humas PLN Sumbar, Remialis menjamin tidak ada pemadaman saat UNBK berlangsung. Agar UNBK di Sumbar berjalan sukses, PLN telah melakukan beberapa langkah.

Disebutkan Remialis, langkah awal yaitu mereschedule pemeliharaan alat

lebih awal dari biasanya. Tujuannya, pada saat berlangsungnya UNBK tidak ada pemeliharaan alat. Dicontohkannya, misalnya pemeliharaan alat dilakukan bulan April dipercepat menjadi bulan Maret.

 

Baca Juga :