UIN Ar-Raniry Jajaki Kerja Sama dengan Universiti Brunei Darussalam

UIN Ar-Raniry Jajaki Kerja Sama dengan Universiti Brunei Darussalam

UIN Ar-Raniry Jajaki Kerja Sama dengan Universiti Brunei Darussalam

UIN Ar-Raniry Jajaki Kerja Sama dengan Universiti Brunei Darussalam
UIN Ar-Raniry Jajaki Kerja Sama dengan Universiti Brunei Darussalam

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menjajaki kerja sama dengan Universiti Brunei Darussalam (UBD) terkait untuk melakukan penelitian dan langkah-langkah memperoleh beasiswa, hal tersebut dilakukan dalam rangka kunjungan akademik kepala pusat penelitian UIN Ar-Raniry ke kampus itu pada 1-4 Februari 2017 lalu.

Kepala pusat penelitian UIN Ar-Raniry Dr. Abdul Rani Usman, M.Si, di Banda Aceh melalui siaran pers, Senin (6/2/2017) mengatakan, kunjungan akademik yang dilakukannya bersama rombongan ke beberapa universitas di Asia tenggara untuk menjajaki kerja sama antar universitas, di antaranya akan melakukan penelitian ilmiah dan mencari peluang beasiswa.

“Untuk membangun sebuah perguruan tinggi harus dilakukan riset dan publikasi hasil penelitian ilmiah, diharapkan kepada dosen di lingkungan UIN Ar-Raniry agar terus dan segera mengajukan proposal penelitian sesuai dengan bidang keilmuan dan kriteria akademik, proposal tersebut dapat diajukan kepada puslit UIN Ar-Raniry,” ujar Rani, yang juga Ketua Prodi Komunikasi Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Terkait dengan kunjungan itu, Rani menambahkan bahwa di masa mendatang akan terjalin hubungan baik antara UIN Ar-Raniry dengan UBD, sehingga dapat bekerja sama untuk melakukan riset yang berkaitan dengan sejarah, sosial dan teknologi informasi di Asean.

Dia menargetkan, tahun 2017 ini akan melakukan beberapa penelitian internasional di UIN Ar-Raniry, karena untuk mengembangkan universitas salah satunya dengan penelitian yang berskala internasioanl bukan berbicara tingkat lokal saja.

“Jika para akademisi UIN ingin lembaga ini maju, maka hal yang harus

dilakukan oleh para dosen adalah lebih banyak melakukan penelitian, lakukan peneliatian ilmiah apa saja dan lihat masa akan datang bukan melihat masa lalu,” ujar pakar Komunikasi antar budaya UIN Ar-Raniry.

Rani Usman mengajak civitas akademika untuk berpikir secara global dan jangan hanya melihat masa lalu, karena diera globalisasi ini hanya dibutuhkan dengan bukti nyata karya-karya ilmiah, yakni diperoleh dengan cara meneliti dan menulis, bukan hanya berbicara.

Kedatangan rombongan Puslit UIN Ar-Raniry ke UBD disambut oleh Deputy

Dean Academic Dr. Rosmawijah Jawawi bersama dosen senior Dr. Gamal Zakaria dan Dr. Ruzaiman Makmun. Mereka menyambut baik atas kunjungan ini dan akan menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, yakni penelitian ilmiah antara ke dua kampus tersebut, apalagi di UBD ada pusat kajian Asia Tenggara.

Rani menyebutkan, dalam kunjungan itu juga ikut serta beberapa dosen

UIN Ar-Raniry, antara lain Ade Irma BHSC, MA, Mira Fauziah, M.Ag dan Dra. Hj. Ainal Mardhiah. Selain ke UBD, mereka juga melakukan kunjungan Masjid Istana Sultan di Singapure dan bertemu dengan imam masjid di sana.

 

Baca Juga :