Mengenal 6 Aplikasi Penunjang Pendidikan

Mengenal 6 Aplikasi Penunjang Pendidikan

Kecanggihan teknologi pada ketika ini adalahsuatu urusan mutlak yang tidak dapat kita hindari lagi. Semua aspek dalam kehidupan terpapar imbas dari pertumbuhan teknologi ini. Begitupula dengan pendidikan, di satu sisi kecanggihan teknologi ini membawa akibat positif untuk dunia edukasi tetapi di sisi beda teknologi ini juga dapat membawa akibat negatif. Oleh karena tersebut kita mesti pandai-pandai dalam memanfaatkan teknologi. Mengambil sisi positifnya dan melemparkan jauh-jauh urusan negatifnya. Salah satu akibat dari pertumbuhan teknologi ini antara beda tumbuhnya media sosial yang semakin pesat. Mulai dari media soial guna hiburan, sharing pengalaman, foto, sampai untuk kebutuhan pendidikan. Nah, sebagai pelajar ataupun guru kita dapat mengambil sisi positif dari pertumbuhan teknologi ini dengan teknik memanfaatkan media sosial edukasi yang kini sudah tidak sedikit dibuat yang dengan dikenal dengan istilah Edtech (Education Technology). Berikut ini beberapa software penunjang edukasi yang bisa kamu gunakan:

1. Edmodo

Edmodo adalahsalah satu jenis media sosial yang dikembangkan guna kepentingan guru dan siswa, dengam mengkhususkan privasi siswa. Guru dan murid dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Melalui Edmodo ini guru dapat melanjutkan diskusi ruang belajar secara online, mengecek sejauh mana pemahaman siswa, ataupun memberi penghargaan untuk siswa secara pribadi. Selain tersebut segala urusan yang sehubungan dengan pembelajaran yang ditabung di Edmodo akan gampang diakses kembali. Jika hendak bergabung dengan media sosial ini kamu tinggal menciptakan akun di www.edmodo.com.

2. Moodle

Moodle adalahsingkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle ini adalahsebuah software yang tidak sedikit dimanfaatkan dalam proses pembelajaran E-learning. Pengajar dapat memunculkan pelajaran ajar, dan siswanya dapat melihat pelajaran ajar, soal, dan tugas yang diberikan. Fitur beda dari moodle antara beda assignment submission, forum diskusi, unduh arsip, peringkat, chat, kalender online, berita, kuis online, wiki, aktifitas, dll. Melaui moodle ini pun seorang pengajar dapat memantau progress dan nilai anak didiknya. Biasanya moodle dipakai di Sekolah menengah, ataupun Perguruan Tinggi.

3. Thinkquest

Thinkquest adalahjenis media sosial yang diciptakan khusus untuk murid Sekolah Dasar sampai siswa Sekolah Menengah Atas serta semua guru yang melatih mereka. Nantinya murid akan mempunyai akun dan ia dapat menyebutkan apa yang terdapat dipikirannya ataupun tugas mereka di website dan nantinya bakal diketahui atau diperiksa oleh gurunya. Thinquest ini sifatnya cuma-cuma ya.

4. Geschool

Geschool adalahsebuah media sosial yang dapat dibilang merupakan campuran dari facebook dan twitter. Di geschhol disediakan soal-soal, video beserta ulasan materinya baik untuk murid SD, SMP, maupun SMA. Selain tersebut pemakai juga dapat memanfaatkan kemudahan lain laksana update status, tag teman, upload foto, dll.

5. Chegg

Chegg adalahmedia sosial yang dapat membantu kamu yang mengalami kendala dalam latihan Matematika. Di Chegg kamu dapat bertanya pada ahlinya. Selain tersebut kamu juga dapat terhubung dengan rekan teman anda di facebook.

6. JIBAS

JIBAS adalahsingkatan dari Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah. JIBAS menggabungkan fitur dan layanan berupa komunitas, konten, informasi, dan hiburan. Mirip campuran Facebook, Google, Wikipedia, Yahoo namun khusus untuk edukasi di Indonesia. JIBAS ini bertujuan guna mewadahi interaksi dan kegiatan setiap elemen edukasi dari siswa, guru, orang tua, sekolah, yayasan, pemerintah dan masyarakat umum.

Itulah sejumlah media sosial yang dapat kita manfaatkan guna kepentingan pendidikan.

Sumber : http://www.hudson.edu/frames.php?school=hcsd&url=https://www.pelajaran.co.id