Tingkat Kesehatan dan Pendidikan Di Indonesia Semakin Meningkat

Tingkat Kesehatan dan Pendidikan Di Indonesia Semakin Meningkat

Seiring dengan menurunnya angka kemiskinan di Indonesia, ada perbaikan kualitas kehidupan insan Indonesia. Perbaikan kualitas ini terekam dalam bertambahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam 4 tahun ini.

Terbukti bahwa Indeks Pembangunan Manusia terus bertambah dari poin 68,90 di 2014, menjadi 70,81 pada 2017. Dengan angka laksana itu, maka Indonesia sekarang termasuk negara dengan kedudukan high human development countries di dunia.

IPM sendiri diukur oleh tiga elemen, yaitu pendidikan, kesehatan, dan standar hidup layak. Membaiknya kualitas kehidupan manusia tersebut didorong oleh sekian banyak usaha pemerintah di ketiga bidang tersebut.

Di bidang kesehatan, pemerintah memiliki konsentrasi pada pembangunan insan Indonesia yang sehat melewati Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan perlindungan sosial untuk warga tidak dapat melalui penambahan penerima pertolongan iuran JKN.

Penerima pertolongan iuran JKN naik dari 86,4 juta jiwa pada 2014 menjadi 92,4 juta jiwa pada Mei 2018.

Di sisi lain, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengaku bahwa semenjak 2015 angka kematian ibu mencetuskan memperlihatkan tren penurunan. Hal ini erat kaitannya dengan kehadiran Jaminan Kesehatan Nasiona-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Di samping itu, menurut keterangan dari data BPS pada 2013 angka stunting menjangkau 37,2 % tapi ketika ini turun menjadi 30,8 %.

Peningkatan derajat kesehatan dapat mendorong produktivitas dan kualitas hidup masyarakat, sampai-sampai generasi masa mendatang akan menemukan akses pelayanan kesehatan yang baik.

Sedangkan di bidang pendidikan, jumlah penerima pertolongan biaya edukasi program Indonesia Pintar naik 5,4% menjadi 17,9 juta siswa, begitu pula dengan alokasi penerima beasiswa Bidik Misi naik 11,1 % menjadi 0,4 juta jiwa.

Dengan adanya perbaikan di bidang kesehatan dan pendidikan, anda sekarang dapat melihat hasil yang positif pada kualitas kehidupan insan Indonesia. Inilah yang terus digenjot oleh Presiden Jokowi, di samping soal infrastruktur. Kita pasti saja bercita-cita kemajuan yang lumayan baik ini butuh dilanjutkan dalam 5 tahun mendatang.

http://krutkovi.3bb.ru/click.php?https://www.pelajaran.co.id