7 TIPS AGAR ANAK SUKA BELAJAR

7 TIPS AGAR ANAK SUKA BELAJAR

Salah satu dalil yang menjadi penyebab anak tidak jarang kali tak mau belajar di rumah ialah karena tidak suka teknik belajarnya. Dalam pikiran anak-anak, belajar sering dirasakan salah satu pekerjaan yang membosankan. Seandainya pola pikir semacam tersebut dihilangkan tentu dapat membuat anak suka belajar.

Nah, bagaimana teknik membuat anak beranggapan bahwa belajar ialah kegiatan yang menyenangkan? Berikut ini 7 tips yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan anak suka belajar.

1. Menemaninya belajar
Orang tua bisa menjadi rekan diskusinya ketika belajar. Jadi saat ada masalah yang ia tidak tahu, orang tua muncul untuk membantu. Bukan melulu membuat belajar lebih mudah, hadirnya Anda guna menemani si kecil belajar menciptakan hubungan antara orang tua dan anak semakin dekat. Bandingkan andai anak belajar sendirian di rumah, barangkali ia akan kendala dan akibat buruknya dapat saja menjadi tidak suka belajar.

2. Menciptakan Suasana Belajar yang Nyaman dan Menyenangkan
Dengan membuat suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, anak bakal merasa kerasan belajar berlama-lama. Buat keadaan senyaman barangkali di rumah, tapi tidak boleh terlalu nyaman. Bisa dengan memberinya ketenangan dan bila butuh fasilitasi ia dengan media belajar yang bersangkutan dengan kegemarannya. Seperti perangkat belajar berhitung dari tokoh-tokoh kartun.

3. Memberikan Hadiah atas Prestasinya
Cara lain menciptakan anak suka belajar ialah memberikan hadiah atas prestasi yang diraih. Terlepas dari apa juga hasil yang didapat, telah selayaknya kita memberikannya apresiasi atas belajar giat yang sudah dilakukan. Apalagi saat ia mendapati nilai bagus. Bagi memotivasi supaya lebih giat belajar, Anda dapat menjanjikannya suatu hadiah guna nilai tertentu atau prestasi yang sukses diraih.

4. Menjelaskan Pentingnya Belajar pada Anak
Membuat anak suka belajar bukan sesuatu yang sulit. Salah satu metodenya dengan menjelaskan guna belajar, laksana kegunaan di masa mendatang dan usaha guna meraih cita-cita.

5. Menerapkan Jam Belajar
Belajar tidak dapat dilakukan masing-masing waktu, kita perlu menciptakan jam belajar rutin guna anak. Untuk menciptakan ini, diskusikan pun dengan anak, pilih jam yang sangat tepat sampai-sampai anak merasa nyaman belajar di jam itu. Setelah ditetapkan, bikin anak disiplin sampai-sampai nantinya secara tidak langsung anak bakal merasa bahwa belajar di rumah ialah kewajiban yang tidak dapat dihindari.

6. Mengetahui Tipe Belajar Anak
Setiap anak ialah spesial. Setiap anak memiliki ciri khas yang berbeda-beda, demikian pula gaya belajarnya. Cara mengajari si bungsu dapat saja mesti bertolak belakang dengan teknik mengajari si sulung. Bagi tahu tipe belajar anak, diperlukan kedekatan antara orang tua dan anak. Atau Anda dapat berkonsultasi dengan guru tentang kebiasaannya saat belajar di sekolah. Dengan begitu, bisa diketahui cara apa yang butuh diterapkan sampai-sampai belajar jadi menyenangkan.

Hal ini pun membantu anak untuk mengajar kedisiplinannya. Jadi alam bawah sadarnya bakal terbiasa untuk tidak jarang kali belajar di masa-masa yang telah ditentukan.

7. Berlibur Setelah Ujian
Biasanya sesudah ujian, anak bakal merasa was-was berhubungan hasil ujian yang bakal diraih. Apa juga hasil yang bakal diraihnya nanti, anak berhak menemukan liburan selepas belajar yang teratur dilakukan. Ini pun membantu me-refresh otak supaya anak tidak selalu bosan dengan belajar. Buat satu hari khusus guna anak melupakan penatnya ujian atau soal-soal dengan berlibur ke alam bebas atau udara terbuka.

Belajar bukan sesuatu yang menakutkan, malah akan menyenangkan andai Anda dapat membimbingnya. Dengan begitu, anak suka belajar tidak lagi menjadi urusan mustahil. Tunggu apa lagi? Terapkan dari kini dan lihat hasilnya. Sumber : www.pelajaran.co.id/