Pengukuhan PASKIBRAKA

Pengukuhan PASKIBRAKA

 

Pengukuhan PASKIBRAKA

Wakil Gubernur Jawa Barat

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar resmi mengukuhkan 56 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Republik Indonesia Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate Bandung pada Senin (14/8/2017) sore. 

Sebelumnya telah dilaksanakan seleksi calon PASKIBRAKA pada tanggal 16-19 Mei 2017 yang dikuti 108 calon peserta. Hingga akhirnya terpilih 56 orang, yang terdiri dari 26 orang putra dan 28 orang putri, serta 2 orang PASKIBRAKA Wakil Jawa Barat ke tingkat Nasional atas nama Mohammad Naufal Ramdhan dari Kota Tasikmalaya dan Annisa Bulan Dewi dari Kota Bekasi yang telah mengikuti Latihan Pemusatan PASKIBRAKA Nasional di Cibubur Sejak 25 Juli 2017.

PASKIBRAKA

Pemusatan latihan PASKIBRAKA Tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan dari tanggal 2-17 Agustus 2017 bertempat di Wisma Dharma Bhakti dan Lapangan Gasibu Bandung yang dilatih oleh anggota TNI dari Rindam III Siliwangi dan POLRI dari Polda Jabar. 

Ditemui usai acara pengukuhan

Deddy mengatakan bahwa anggota PASKIBRAKA telah dibekali mental dan fisik yang siap menghadapi tugas mulia ini. “Mereka digembleng, dikarantina, dilatih baik mental maupun fisiknya. Saya yakin mereka sudah sangat siap,” ungkap Deddy. 

“Yang penting sikap kebersamaannya, selama latihan dan dikarantina kan selalu bersama-sama. Demikian juga rasa persaudaraan dan kekeluargaan serta rasa persatuan dan kesatuan. Jangan pernah luntur,” tegasnya. 

Setelah dikukuhkan

Tugas berat para anggota PASKIBRAKA ini telah menanti, yaitu melakukan Pengibaran Sang Merah Putih pada Upacara Puncak Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, serta Gelar Senja Tingkat Ibukota Provinsi Jawa Barat tanggal 17 Agustus 2017 di Lapangan Gasibu Bandung.

“Insya Allah mereka akan menjadi tunas-tunas harapan bangsa yang siap mengahadapi derasnya tantangan globalisasi, generasi muda yang memiliki karakter yang kuat, kepribadian yang tangguh, dan siap melakukan Bela Negara,” tutup Deddy.

 

Artikel terkait :

Mengenang Jasa-jasa Pahlawan

Mengenang Jasa-jasa Pahlawan

 

Mengenang Jasa-jasa Pahlawan

Ratusan peserta yang terdiri dari unsur TNI/Polri

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah Kota Bogor serta unsur pimpinan Muspida termasuk Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, dan Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengikuti apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Jalan Pahlawan, Bogor Selatan, Kota Bogor, (17/08/2017) tengah malam.

Upacara atau apel kehormatan itu untuk memperingati jasa para pahlawan yang telah gugur mengorbankan jiwa raganya dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan itu juga sebagai bagian dari rangkaian dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 72 tahun 2017 tingkat Kota Bogor.

Dalam pernyataannya saat bertindak sebagai inspektur upacara

Komandan Kodim (Dandim) 0606/Kota Bogor Letkol Arm. Dodi Suhardiman mengatakan, upacara atau apel kehormatan itu untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan khususnya yang dikebumikan di TMP Dreded yang terdiri dari 768 TNI, 71 Polri, 16 PNS, 209 pejuang rakyat, dan sebanyak 31 pahlawan tak dikenal.

“Kami yang hadir di sini menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan bangsa dan negara,” kata Dandim.

Mewakili para peserta upacara lainnya

Dodi juga menyatakan sumpah dan janjinya bahwa perjuangan para pahlawan yang telah gugur adalah perjuangan mereka saat ini dalam jalan kebaktian yang telah ditempuh yang merupakan jalan bagi generasi saat ini. “Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang layak di sisi-Nya,” imbuhnya.

Sumber : https://dogetek.co/

Bentuk Penghormatan dan Memuliakan Pahlawan

Bentuk Penghormatan dan Memuliakan Pahlawan

Bentuk Penghormatan dan Memuliakan Pahlawan

Hari Ulang Tahun

Dari seluruh rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia di Kota Bogor setiap tahunnya ada satu kegiatan yang penting, yaitu renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded.

Wali Kota Bogor Bima Arya

Apel kehormatan dan renungan suci itu seperti dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti kegiatan tersebut, Rabu (17/08/2017) tengah malam, sebagai bentuk penghormatan dan memuliakan para pahlawan yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan.

“Inilah simbol penghormatan kita generasi muda terhadap para pendiri bangsa, dan semangat dari pengorbanan itu Insya Allah akan selalu terpatri di generasi penerus. Baik kami yang sekarang sedang menjalankan tugas maupun generasi-generasi muda masa depan,” jelas wali kota.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman

Di tempat yang sama Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman menuturkan, bahwa kegiatan apel kehormatan dan renungan suci adalah kegiatan dan bentuk empati untuk menghargai jasa para pahlawan dan merenungkan atas apa yang telah mereka korbankan.

Pengorbanan para pahlawan

“Pengorbanan para pahlawan itulah yang akan menjadi teladan bagi kita dalam mengisi kemerdekaan saat ini dan masa yang akan datang, dan di momen 72 tahun kemerdekaan ini bisa menjadikan bangsa Indonesia lebih baik lagi ke depannya,” harap Usmar.

Sumber : https://symbiantweet.com/

Susno Tidak Wajib Hadir dalam Sidang Praperadilan

Susno Tidak Wajib Hadir dalam Sidang Praperadilan

Susno Tidak Wajib Hadir dalam Sidang Praperadilan
Susno Tidak Wajib Hadir dalam Sidang Praperadilan

Kuasa hukum Komjen Pol Susno Duadji

meminta majelis hakim untuk bisa menghadirkan kliennya di persidangan. Namun, pihak kepolisian menilai kehadiran mantan Kabareskrim dalam persidangan praperadilan tersebut adalah tidak wajib.

“Itu tafsiran dari pemohon bahwa itu bisa dihadirkan.

Sekarang kuasa hukumnya hadir, buat apa tersangka dihadirkan, itu tidak wajib,” ujar kuasa hukum tergugat Kombes Pol Ihza Fadri usai sidang di PN Jakarta Selatan, Jl Ampera, Jakarta, Senin (24/5/2010).

Ihza mengatakan dengan hadirnya kuasa hukum Susno di persidangan sudah cukup untuk mewakili penggugat dalam menjalani persidangannya.

“Tafsiran itu alternatif. Kan dia sudah diberi kuasa

kuasa hukum sudah cukup,” paparnya. Ihza juga menilai jalannya sidang praperadilan tersebut telah keluar dari substansi persidangan. Sebabnya, isi persidangan tidak hanya membahas masalah prosedur penangkapan dan penahanan tapi sudah ke pokok perkara.

“Kalau mengenai pokok perkara, kan nanti ada sidangnya. Kalau konteks prapradilan hanya sebatas prosedur,” ungkapnya.

Menurut Ihza, masalah substansi yang seharusnya dibahas

Dalam persidangan adalah mengenai apakah penangkapan dan penahan Susno sudah sah, bukan soal pokok perkaranya.

“Menurut kuasa hukum ada yang beberapa hal yang tidak sah, tapi kami juga punya dalil yang akan kami kemukakan besok. Kita buktikan saja, menurut kami sudah seusai dengan hukum,” tutupnya.

Baca Juga : 

Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota

Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota

Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota
Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota

Dalam Bahasa Inggris disebut Society

asal katanya Socius yang berarti “kawan”. Kata “Masyarakat” berasal dari bahasa Arab, yaitu Syiek, artinya “bergaul”. Adanya saling bergaul ini tentu karena ada bentuk – bentuk akhiran hidup, yang bukan disebabkan oleh manusia sebagai pribadi melainkan oleh unsur – unsur kekuatan lain dalam lingkungan sosial yang merupakan kesatuan. Melihat dari berbagai aspek yang ada, baik kita lihat secara langsung ataupun melalui media informasi, baik cetak maupun media elektronik, bahwa betapa fenomena hidup yang ada dipedesaan mulai mengalami pergeseran nilai, norma serta adat istiadat yang tidak lagi dihiraukan oleh banyak penduduk desa yang ingin merasa kehidupannya berubah, baik ekonomi maupun status sosialnya.

A. Masyarakat Pedesaan (masyarakat tradisional)

Desa merupakan bagian vital bagi keberadaan bangsa Indonesia. Vital karena desa merupakan satuan terkecil dari bangsa ini yang menunjukkan keragaman Indonesia. Selama ini terbukti keragaman tersebut telah menjadi kekuatan penyokong bagi tegak dan eksisnya bangsa. Dengan demikian penguatan desa menjadi hal yang tak bisa ditawar dan tak bisa dipisahkan dari pembangunan bangsa ini secara menyeluruh.

Ciri-ciri Masyarakat desa :

a. Afektifitas ada hubungannya dengan perasaan kasih sayang, cinta , kesetiaan dan kemesraan.
b. Orientasi kolektif sifat ini merupakan konsekuensi dari Afektifitas.
c. Partikularisme pada dasarnya adalah semua hal yang ada hubungannya dengan keberlakuan khusus untuk suatu tempat atau daerah tertentu.
d. Askripsi yaitu berhubungan dengan mutu atau sifat khusus yang tidak diperoleh berdasarkan suatu usaha yang tidak disengaja, tetapi merupakan suatu keadaan yang sudah merupakan kebiasaan atau keturunan.
e. Kekabaran (diffuseness). Sesuatu yang tidak jelas terutama dalam hubungan antara pribadi tanpa ketegasan yang dinyatakan eksplisit. Masyarakat desa menggunakan bahasa tidak langsung, untuk menunjukkan sesuatu.

B. Masyarakat Perkotaan (masyarakat modern)

Pengertian kota dapat dikenakan pada daerah atau lingkungan komunitas tertentu dengan tingkatan dalam struktur pemerintahan. Ada beberapa ciri yang menonjol pada masyarakat perkotaan, yaitu :
a. Kehidupan keagamaannya berkurang, kadangkala tidak terlalu dipikirkan karena memang kehidupan yang cenderung kearah keduniaan saja.
b. Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus berdantung pada orang lain (Individualisme).
c. Pembagian kerja diantara warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/

Facebook Kembalikan Messenger ke Aplikasi Utama

Facebook Kembalikan Messenger ke Aplikasi Utama

Facebook Kembalikan Messenger ke Aplikasi Utama
Facebook Kembalikan Messenger ke Aplikasi Utama

 

Pada awal tahun ini, Facebook dilaporkan

berencana menggabungkan semua layanan chat-nya. Rumusan itu pada dasarnya akan memungkinkan pengguna berkomunikasi secara mulus antar-platform: WhatsApp, Instagram, dan Messenger.

 

CEO Facebook Mark Zuckerburg

membenarkan perusahaannya memiliki rencana itu tetapi berkomentar itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Pengembang aplikasi yang mempunyai spesialisasi dalam rekayasa balik aplikasi Jane Wong, berhasil mendapatkan bukti kalau aplikasi Facebook akan mengintegrasikan fungsi obrolan kembali ke aplikasi utama.

Fitur ini sebelumnya dihapus kembali pada tahun 2014.

Terlepas dari pengungkapan fungsionalitas perpesanan terintegrasi, tangkapan layar menunjukkan desain putih disederhanakan dari aplikasi Facebook, menekan warna aksen biru yang menjadi ciri khasnya.

Menurut Wong, bagian pesan yang akan datang akan terbatas pada percakapan teks sederhana sementara fitur yang lebih canggih seperti panggilan dan berbagi file masih akan memerlukan aplikasi Messenger.

Untuk saat ini, tidak ada kerangka waktu untuk merger

jadi kita harus menunggu komentar Facebook. Tidak perlu khawatir, aplikasi WhatsApp dan Messenger yang mandiri tentu saja tidak akan dihapus.

Arah integrasi Facebook tampaknya ditujukan pada fitur kesinambungan Apple dengan iMessage, tetapi menurut laporan, diharapkan tidak akan muncul hingga tahun 2020.

Sumber : https://ngelag.com/

Dua Emas Ditargetkan Cabor Panjat tebing di Asia Games 2018

Dua Emas Ditargetkan Cabor Panjat tebing di Asia Games 2018

Dua Emas Ditargetkan Cabor Panjat tebing di Asia Games 2018
Dua Emas Ditargetkan Cabor Panjat tebing di Asia Games 2018

BANDUNG – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menargetkan bisa meraih lima medali dimana dua diantaranya adalah medali emas pada ajang Asian Games 2018.

Sekretaris PP FPTI Sapto mengatakan potensi dua emas dapat dicapai dari kelompok beregu putra dan putri untuk kategori speed atau lomba cepat. “Target bisa lima medali, tapi dua medali emas optimis bisa diraih tim panjat tebing kita,” ujarnya di Bandung.

Dua emas optimistis dapat  disumbangkan oleh atlet nasional tim putri Aris

Susanti, yang kini menempati peringkat tiga dunia kelompok putri. Terakhir, dia meraih medali emas pada kejuaraan di Chongqing, China. Kecepatannya dalam memanjat bahkan sempat menjadi berita viral di media sosial.

Sementara pada tim putra ada nama Sabri yang merupakan peringkat

empat dunia dan Aspar, yang berada pada peringkat enam dunia.  “Saingan terberat itu dari Iran, peringkat satu dunia. Lalu ada dari China dan Korea Selatan,” ujarnya.

Sementara itu General Manager Marketing Eiger Harimula Muharam

mengatakan Eiger siap mendukung keperluan peralatan dan akokodasi atlet panjat tebing selama bertanding di Jakabaring Sport City, Palembang. (Jo)

 

Baca Juga :

 

 

RZ Kirimkan Tim Psikososial Untuk Korban Gempa Lombok

RZ Kirimkan Tim Psikososial Untuk Korban Gempa Lombok

RZ Kirimkan Tim Psikososial Untuk Korban Gempa Lombok
RZ Kirimkan Tim Psikososial Untuk Korban Gempa Lombok

BANDUNG-Rumah Zakat mengirimkan tim psikososial untuk korban gempa Lombok pada Jumat (10/8). Hal tersebut bertujuan untuk melakukan kegiatan trauma healing, khususnya kepada anak-anak yang masih trauma terhadap gempa yang terjadi.

Ketiga tim psikososial tersebut yaitu, Elia Muski, Hari Jumatul Rahman, dan Inar yang merupakan salah satu guru SD Juara Jakarta. Ketiga tim tersebut berangkat langsung dari Bandara Husein Sastranegara.

“Selain membutuhkan bantuan makanan, korban gempa Lombok juga

sangat memerlukan bantuan trauma healing. Anak-anak di sana tidak mau makan karena masih trauma terhadap gempa yang sudah terjadi,” ujar Ivan Supangkat, selaku Divisi Pendidikan Rumah Zakat.

Ivan menambahkan, selama di lokasi pengungsian, tim psikososisal akan

melakukan trauma healing kepada anak-anak berupa rilis kecemasan sambil bermain. Sedangkan untuk dewasa, akan dilakukan bimbingan psikologis dan terapi SEFT.

Terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Techniques) adalah serangkaian

metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh yang bertujuan untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik. (Pun)

 

Sumber :

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/buku-tentang-tumbuhan-paku/

Dukung Asian Games, PT KAI Buka Posko Pengamanan di Stasiun Bandung

Dukung Asian Games, PT KAI Buka Posko Pengamanan di Stasiun Bandung

Dukung Asian Games, PT KAI Buka Posko Pengamanan di Stasiun Bandung
Dukung Asian Games, PT KAI Buka Posko Pengamanan di Stasiun Bandung

BANDUNG-Guna mendukung pelaksanaan Asian Games ke-18 yang akan berlangsung mulai tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018, di Jakarta, Palembang serta Jawa Barat mulai hari Senin (13/08), semua pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI) diharuskan memakai pin dukungan Asian Games 2018 dan dikenakan di baju area dada sebelah kanan.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, selain menggunakan atribut Asian Games,  khusus untuk di stasiun Bandung pihaknya juga telah membuka posko pengamanan Asian Games bekerjasama dengan Polda Jawa  Barat dan Kodam III Siliwangi.

“Kita buka posko pengamanan Asian Games di sebelah Utara Stasiun Bandung,, ini sebagai bentuk komitmen PT KAI untuk mendukung dan menyukseskan pesta olah raga terbesar di kawasan Asia tersebut,” tegasnya.

Menurut Joni, bentuk dukungan lain yang dilakukan PT KAI dalam

pelaksanaan Asian Games yaitu dengan memasang eksterior bergambar berbagai cabang olah raga Asian Games pada beberapa kereta serta potongan harga tiket bagi media yang melakukan peliputan Asian Games di Bandung dan Cirebon.

“Bahkan secara khusus kita menyediakan diskon 15% untuk media melakukan peliputan Asian Games di Bandung dan Cirebon dengan mengalokasikan 50 seat per perjalanan KA untuk media terakreditasi yang akan melakukan liputan kegiatan Asian Games,”‘ tuturnya.

Joni menambahkan, sesuai dengan jadwal perjalanan yang diminta oleh

Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC), selama kapasitas angkut dan stamformasi rangkaian masih tersedia kita akan memberikan potongan harga tiket bagi yang akan melakukan peliputan menggunakan kereta api.

‘Untuk teknis pengambilan tiket, INASGOC harus berkoordinasi dengan tim

Angkutan Penumpang PT KAI Daop 1 Jakarta di Stasiun Gambir H-1 sebelum keberangkatan dengan menyerahkan data calon peserta media yang akan melakukan perjalanan dengan KA, untuk kemudian dapat dilakukan pencetakan tiket oleh tim Angkutan Penumpang PT KAI Daop 1 di Stasiun Gambir,” pungkasnya.

 

Sumber :

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/kulit-rambut-dan-kuku-termasuk-kedalam-sistem/

Mengenal Tentang Zat-Zat Gizi Pada Makanan

Mengenal Tentang Zat-Zat Gizi Pada Makanan

Mengenal Tentang Zat-Zat Gizi Pada Makanan
Mengenal Tentang Zat-Zat Gizi Pada Makanan

Asam Amino

Protein ini adalah komponen kunci makanan yang sangat kita perlukan terutama jika usia kita sudah beranjak 40 tahun ke atas, di mana masa otot mulai mengalami penurunan 1% setiap tahun.

Protein ini dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Sumber: antara lain ayam, daging, sea food, telur, susu skim, yoghurt, keju cottage, dan kacang-kacangan.


Karenanya jangan lupakan makanan kaya protein dalam makanan anda, seperti daging ayam, telur, makanan laut, yogurt, susu bebas lemak, dll. Selain proteinnya sendiri yang sangat bermanfaat untuk otot kita, kandungan mineral ( kalsium, fosfor, dan kalium) yang banyak terdapat di dalam makanan kaya protein ini (seperti pada yogurt dan susu bebas lemak). Ini bermanfaat baik untuk menstabilkan tekanan darah dan membantu penguatan tulang.

Betakaroten

Merupakan antioksidan yang kuat dan dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh serta menghentikan efek kerusakan sel. Juga mengurangi oksidasi lemak tubuh, sehingga mencegah terjadinya endapan dalam arteri. Sumber: antara lain wortel, tomat, ubi, brokoli, bayam, cabai merah, buah yang dagingnya berwarna kuning dan merah seperti pepaya, mangga, melon, dan jeruk.

Kalsium

Konsumsi kalsium sangat penting diperhatikan sejak usia anak, untuk tabungan tulang masa depan, sehingga menguatkan tulang, mencegah osteoporosis, serta bermanfaat untukfungsi otot dan saraf. Sumber: antara lain susu, sayuran berdaun hijau, rumput laut, tahu, sarden, salmon, almond, dan biji-bijian.

Karena kalsium tidak bisa membantu pembentukan tulang yang kuat jika kita kurang mengkonsumsi protein, maka professor kedokteran dari Universitas Creighton di Omaha merekomendasikan kita mengkonsumsi sekitar 11 ons protein per hari bagi wanita dengan berat 145 pound. Dosis ini juga baik untuk program anti penuaan anda.

Koenzim Q10

Membantu tubuh dalam mengkonversi makanan menjadi cadangan energi dan menguatkan jantung. Juga berperan sebagai antioksidan dan menghambat perubahan degeneratif. Sumber: antara lain ikan, minyak sayur, kacang-kacangan, wheat germ, bayam, dan brokoli.

Asam Folat

Sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan asam folat berhubungan dengan keadaan mudah lelah, depresi, dan penyakit jantung. Sumber antara lain ekstrak yeast, kedelai dan kacang hitam, wheat germ, sereal, jeruk, bergs mesh, sayuran berdaun hijau.

Omega 3

Merupakan asam lemak esensial yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi.Sumber: antara lain ikan (salmon, anchovy, makerel, herring, sarden, tuna), kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Ikan terutama yang berasal dari laut kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak esensial ini sangat baik untuk meningkatkan mood dan perilaku seseorang. Selain itu asam lemak yang banyak terkandung dalam ikan tuna dan salmon ini sangat potensial sebagai penangkal efek inflamasi.

Selenium

Selenium adalah trace element yang berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat dan mampu mencegah penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini. Juga balk untuk memelihara kulit.Sumber: antara lain yeast, walnut, lentil, biji bunga matahari, brokoli, kol, onion, bawang putih, jamur, tuna, sarden, dan salmon.

Vitamin B

Merupakan golongan vitamin larut air yang sangat penting untuk perkembangan sistern saraf, menstabilkan metabolisme, dan membantu sistem pencernaan. Sumber antara lain ekstrak yeast, whole grain, biji bunga matahari, kacang-kacangan, telur, unggas, jamur, dan ikan berlemak.

Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat. Konsumsi tinggi vitamin C dapat memperbaiki aliran darah dan sistem imunitas, serta menghambat penuaan. Sumber. antara lain apel, pir, jeruk, kiwi, stroberi, melon, mangga, pepaya, anggur merah, cabai merah dan hijau, brokoli, kol merah dan hijau, lettuce, tomat.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang kuat, mampu melindungi membran sel dari oksidasi dan mencegah timbulnya endapan pada arteri. Sumber antara lain wheat germ, biji bunga matahari, alpukat, tuna, salmon, bayam, almond, minyak sayur, serta sayuran berdaun hijau.

Zinc

Bermanfaat untuk pertumbuhan dan meningkatkan kesuburan, melawan radikal bebas, menguatkan sistem imunitas, kesehatan kulit dan rambut. Sumber antara lain wheat germ, hat, tiram, kerang hijau, biji-bijian, rumput laut, kacang-kacangan, dan daging.


Tetaplah mengkonsumsi gandum, beras merah, roti, sereal sebagai sumber makanan sehari-hari anda. Kandungan serat di dalam makanan-makanan ini sangat baik untuk mencegah anda kelebihan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan berbiji ini berperan dalam memerangi penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker usus besar, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Antioksidan

Selain makan makanan yang bergizi, proses penuaan dini dapat diperlambat atau dicegah dengan antioksidan. Tubuh kita sebenarnya bisa menghasilkan antioksidan secara alamiah, tetapi sayang kemampuan ini sangat terbatas. Jika produksi radikal bebas terlalu berlebihan dan tidak dapat diimbangi dengan produksi antioksidan dari tubuh kita sendiri, hal ini dapat merusak sel-sel tubuh kita, termasuk sel-sel kulit, akibatnya kulit menjadi kriput dan kusam.

Antioksidan adalah senyawa yang mampu menghambat oksidasi radikal bebas. Sebagai bahan aktif, antioksidan digunakan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat oksidasi dan mencegah penuaan dini.

Buah dan Sayuran Sebagai Anti Penuaan Dini Alami

Meski menjadi tua adalah suatu kepastian dan siapapun tidak bisa mencegahnya, namun banyak dari kita berusaha semaksimal mungkin agar jika mungkin bisa merasakan masa muda lebih lama. Akhirnya sebagian orang melakukannya dengan cara tidak alami misalnya melakukan operasi plastik. Namun kemudian adanya kemungkinan efek negatif dari operasi plastik ini, banyak dari kita akhirnya lebih tertarik kepada terapi alami untuk bisa terlihat muda selalu. Salah satunya melalui perbaikan pola hidup sehari-hari dan pengaturan pola diet.

 

Baca Artikel Lainnya: