ALASAN, ANDA INGIN PINDAH KERJA

ALASAN, ANDA INGIN PINDAH KERJA

ALASAN, ANDA INGIN PINDAH KERJA
ALASAN, ANDA INGIN PINDAH KERJA

Bagi para pekerja, baik karyawan ataupun karyawati

mungkin sering terlintas dalam pikiran dan benak kita keinginan untuk pindah kerja. Tapi sering pula tergiang pikiran, “Inikah saatnya pindah kerja ?”. Ah…sejuta pertanyaan dan pertimbangan, dll muncul dalam pikiran kita.

Bahkan ada yang berseloroh, “Mengapa seh kamu ingin pindah kerja?”.

Ada banyak alasan mengapa seseorang berkeinginan untuk mencari pekerjaan baru. Tak jarang keinginan tersebut bersifat emosional hanya karena salah seorang rekan kerja kita mendapatkan pekerjaan baru. Kita menganggap mereka begitu beruntung, dan kita tak cukup beruntung mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Tetapi, sebenarnya tujuan terpenting dari keputusan kita untuk pindah kerja adalah: untuk mendapatkan sebuah kehidupan yang kita angankan.

Tak sedikit orang meninggalkan pekerjaan yang memberikan penghasilan besar hanya karena ingin bekerja pada profesi yang ia idam-idamkan sejak kecil.

Berikut ini ada beberapa keadaan dimana bila anda menemukan atau berada di salah satu atau lebih kondisi tersebut, anda bisa deh mempertimbangkan untuk pindah kerja.

PERTAMA

Anda tidak menyukai atasan anda, atau sebaliknya atasan anda tidak menyukai anda, atau anda mempunyai konflik dengan atasan, kolega, bawahan, rekan kerja,
kontraktor, customer, ….dan anda tidak bisa mengatasinya.

 

KEDUA

Anda sedang merencanakan untuk menjalankan usaha anda sendiri, namun anda
sedikit khawatir untuk melakukan langkah pertama.

* Semakin lama anda bertahan di pekerjaan anda sekarang, semakin besar
kekhawatiran anda untuk mengambil langkah pertama bagi bisnis anda sendiri.

KETIGA,
Anda menderita stress berat akibat dari pekerjaan anda. Seperti : sakit kepala,
kurang tidur, gelisah, gangguan pencernaan, tertekan. Bahkan anda
melimpahkan semua keputus-asaan yang anda derita dari kerja kepada keluarga

* Semestinya bekerja adalah bagian dari tujuan kesejahteraan kehidupan anda
Jika pekerjaan anda sekarang justru menjauhkan kamu dari tujuan tersebut,
mengapa anda tak mempertimbangkan untuk meraih kehidupan yang lebih baik,
yang terbebas dari tekanan dan derita?

KEEMPAT,
Anda terbebani oleh pekerjaan, proyek, dan stress membuat anda gila (weleh..weleh…).

* Jika anda ingin melakukan sesuatu yang anda senangi, dan anda menganggapnya sebagai bagian dari kebahagiaan hidup anda, tetapi pekerjaan telah menyita seluruh waktu anda, maka mungkin ini saatnya anda mencari pekerjaan yang memberikan kemungkinan luas bagi pemenuhan tujuan dan nilai-nilai pribadi anda.

KELIMA,
Anda tidak bahagia pada pekerjaan anda. Bahkan sejumlah liburan pun takkan mampu memberi anda kebahagiaan itu.

* Anda akan bekerja baik dan memberikan hasil yang positif jika anda senang
dengan pekerjaan anda. Mungkin tak selamanya kita mendapatkan pekerjaan yang
kita idamkan, tetapi setidaknya kita bisa menyenangi pekerjaan yang sekarang
ini.

KEENAM,
Anda tak mendapatkan promosi yang semestinya anda terima. Malahan, orang
lainlah yang mendapatkan posisi itu.

* Jangan bekerja dengan memelihara rasa dendam dan kecewa. Singkirkan itu
dan terimalah keadaan sebagaimana adanya. Namun jika anda tak bisa menerimanya, jangan memiliki pandangan yang sempit. Di luar sana ada banyak
kesempatan, jika itu benar-benar milik anda. Tetap Optimis dong !!!

KETUJUH,
Anda terjebak dalam politik kantor yang berlarut-latur. Sedangkan para
top manajemen di kantor anda tampak tidak memiliki integeritas.

* Tak perlu bersikap naif dalam menghadapi politik kantor. Itu adalah
sesuatu yang biasa terjadi dimana-mana. Bila kamu tak tahan, jangan
korbankan integeritas anda sendiri. Masih banyak kantor dan perusahaan yang
menjunjung tinggi nilai-nilai keintegeritasan seseorang.

KEDELAPAN,
Anda berada di lingkungan kerja yang kacau, kejam, kasar, bagai penjara
dan tak menjunjung martabat karyawan.

* Bukankah kita mendambakan lingkungan kerja yang bermartabat, saling
menghormati, menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme? Jika anda tak
mampu hidup di situasi yang keras (padahal bisnis itu keras) maka segera
cari pekerjaan lain yang sesuai dengan jiwa anda.

KESEMBILAN,
Anda merasa usaha-usaha anda tak lagi dihargai.

* Keinginan dasar setiap orang adalah mendapatkan penghargaan. Bagi banyak
orang, penghargaan adalah kehormatan. Jika kehormatan tak lagi dihargai,
bagaimana kamu bisa melakukan sesuatu dengan baik dan meraih kehidupan kerja
dengan baik pula?

KESEPULUH

Anda merasa inilah saatnya untuk pindah, tetapi belum tahu dimana harus
memulainya, atau takut untuk memulainya.

* Jika anda merasa sudah waktunya untuk pindah, karena alasan apa pun, sebenarnya ketakutan kamu hanyalah penghalang besar yang perlu anda singkirkan.

Nah, jika kondisi-kondisi di atas tampak jelas pada keadaan anda, mungkin inilah
waktunya untuk melakukan perbaikan dalam karier dan kehidupan anda.

Ada banyak alasan untuk melakukan perubahan yang positif. Pelajari kembali seluruh perjalanan karier anda sejujurnya. Pertimbangkan itu sebagai bagian dari kehidupan yang anda dambakan.

Jika anda merasa harus melakukan suatu perubahan dalam pekerjaan anda, berbicaralah dengan seseorang yang anda percaya. Dapatkan pertimbangan-pertimbangan dan strategi untuk melakukannya.

Kemudian, susun berbagai rencana untuk mewujudkannya. Selamat meraih sesuatu yang lebih baik. Tetap optimis, tetap berusaha dan jangan lupa tetap berdo’a agar setiap langkah yang anda tempuh selalu dalam bimbingan-NYA. Amien

Sumber : https://icanhasmotivation.com/kalimat-majemuk-setara/

Tips Bekerja Langgeng di Perusahaan

Tips Bekerja Langgeng di Perusahaan

Tips Bekerja Langgeng di Perusahaan

Bisa bertahan lama bekerja di suatu perusahaan merupakan harapan semua karyawan, kecuali bagi karyawan yang sangat pembosan dan selalu membutuhkan suasana baru. Tapi untuk dapat bertahan lama bekerja di suatu tempat adalah hal yang sulit. Memang, ada kalanya karyawan tidak bisa bertahan lama karena hal-hal di luar keinginannya, seperti perusahaan ambruk atau bangkrut dan adanya perampingan karyawan (PHK).

Namun terlepas dari masalah bangkrut atau PHK, karyawan sebenarnya bisa bertahan lama bekerja. Paling tidak ada kiat tersendiri agar Anda bisa terus bekerja di suatu tempat hingga usia Anda layak pensiun. Berikut ini kiatnya:

Cintailah pekerjaan

Ini merupakan modal utama untuk bertahan lama. Maka mulailah dengan cinta. Dengan cinta, pekerjaan tidak akan menjadi beban. Segala resiko pekerjaan baik yang ringan maupun berat dapat Anda terima sebagai sesuatu yang wajar dan tidak memberatkan. Anda akan selalu tersenyum setiap kali menyongsong pekerjaan. Pokoknya pekerjaan akan terasa ‘ringan’ dan menyenangkan. Nah Anda yang mulai ‘bete’ dengan kerjaan Anda, cobalah untuk mencintai pekerjaan Anda saat ini.

Pahami visi dan misi perusahaan

Dengan memahami visi dan misi perusahaan, Anda akan mengetahui secara pasti apa yang harus Anda lakukan. Sehingga apa yang Anda lakukan benar-benar sesuai dengan harapan perusahaan. Tanpa memahaminya, Anda tidak memiliki panduan yang jelas dalam bekerja. Sehingga bisa jadi harapan Anda akan berseberangan dengan perusahaan. Maka, untuk mencegah kemungkinan tersebut pahami visi dan misi perusahaan Anda.

Pahami budaya perusahaan

Bagaimanapun, karyawan adalah tamu bagi sebuah perusahaan. Selama apapun Anda bekerja atau katakanlah Anda sudah layak disebut ‘senior’ status Anda tetaplah sebagai pekerja atau karyawan yang harus menghormati dan menghargai budaya perusahaan. Anda harus menyesuaikan sikap, perilaku, cara bekerja, bergaul dan sebagainya dengan budaya perusahaan.

Kembangkan hubungan sosial

Jangan lupa, dalam bekerja Anda tidaklah sendirian. Masih ada orang lain yang merupakan rekan kerja Anda. Karena tentu saja kesuksesan karir yang Anda raih tidak terlepas dari keterlibatan mereka. Jadi, Anda tidak boleh mengabaikan mereka. Kembangkan hubungan sosial di lingkungan kerja Anda. Jika hubungan Anda dengan lingkungan terjalin baik maka jalan untuk meraih sukses pun akan lebih mulus ketimbang Anda tidak mengembangkan hubungan sosial.

Kenali atasan Anda
Bagaimanapun, peran dan fungsi atasan sangat menentukan kelangsungan karir Anda. Karena itu, sangat dianjurkan jika Anda mengenali dan memahami atasan Anda baik karakter, watak, sifat, dan keinginan-keinginannya. Dengan demikian Anda tidak kesulitan menyesuaikan diri dengan atasan. Jika Anda berhasil menyesuaikan diri dengannya maka Anda akan lebih mudah bekerja sama dan menjadi tim yang solid dengan bos. Sehingga Anda pun memiliki posisi tawar yang tinggi di mata bos.

Nah, bagi Anda yang ingin bertahan lama di suatu perusahaan, tidak ada salahnya jika Anda ikuti kiat tersebut. Tapi tentu saja ini tidak berlaku bagi Anda yang lebih suka bekerja sendiri atau wiraswasta. Jadi, kalau Anda ingin langgeng bekerja di perusahaan mulai sekarang coba praktekkan kiat di atas. Semoga berhasil

Sumber : https://icanhasmotivation.com/unsur-serapan/

Manajemen Database Sistem Perangkat Bergerak

Manajemen Database Sistem Perangkat Bergerak

Manajemen Database Sistem Perangkat Bergerak
Manajemen Database Sistem Perangkat Bergerak

Sebuah sistem manajemen basisdata relasional

atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai relational database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya.

Contoh penggunaan DBMS

ada banyak sekali dan dalam berbagai bidang kerja, misalnya akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Meskipun pada awalnya DBMS hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan berskala besar yang memiliki perangkat komputer yang sesuai dengan spesifikasi standar yang dibutuhkan (pada saat itu standar yang diminta dapat dikatakan sangat tinggi) untuk mendukung jumlah data yang besar, saat ini implementasinya sudah sangat banyak dan adaptatif dengan kebutuhan spesifikasi data yang rasional sehinggal dapat dimiliki dan diimplementasikan oleh segala kalangan sebagai bagian dari investasi perusahaan. Keluhan yang muncul dan dikenal secara umum terhadap keberadaan RDBMS adalah kenyataan bahwa implementasi yang ada saat ini dipandang sebagai terlalu “statis”.

Spekulasipun bermunculan terhadap kemungkinan

untuk membuat sebuah sistem basisdata generasi baru yang menggunakan model “relasional secara dinamis” dengan kolom yang bisa dibuat secara dinamis, ukuran yang berkembang secara dinamis, didefinisikan secara dinamis. Setiap baris dapat diimplementasikan sebagai map (kamus ataupun larik asosiatif) dan kolom-kolom yang tidak dikenal secara sederhana disajikan sebagai field kosong. Beberapa kalangan menganggap hal ini menyalahi model relasioal murni, namun kalangan lain menyanggah bahwa sebuah penggunaan map hanyalah sebagai detil implementasi saja. Sehingga dalam pandangan ini, sebuah “kolom yang tidak ditemukan/tidak ada” secara sederhana hanyalah dipandang sebagai perihal interpretasi dan dianggap sebagai pilihan cara penyajian saja.

Pesatnya perkembangan bagi komunikasi bergerak mendorong

para operator layanan berlomba untuk memperkaya macam layanannya guna menambah pemasukan bagi perusahaanya. Komunikasi data bergerak, misalnya untuk akses internet. Pengenalan WAP (Wireless Application Protocol) telah menunjukkan potensi sebagai layanan internet nirkabel/ WAP merupakan protocol global terbuka yang memungkinkan para pengguna mengakses layanan-layanan on-line dari layar kecil pada telepon genggam dengan menggunakan built-in browser. WAP bekerja pada berbagai teknologi jaringan bergerak, yang memungkinkan pasar missal bagi penciptaan layanan data bergerak.

Contoh dari layanan bergerak adalah GPRS.

GPRS merupakan system transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip ‘tunnelling’. GPRS tidak menawarkan laju data tinggi yang memadai untuk multimedia nayata, tetapi GPRS merupakan kunci untuk menghilangkan beberapa batas pokok bagi layanan-layanan data bergerak.

Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bahwa GPRS merupakan

teknologi kunci untuk data bergerak :
Memperkaya utility investasi untuk perangkat GSM yang sudah ada.
Merupakan teknologi jembatan yang bagus menuju generasi ke 3.
Mampu memanfaatkan kemampuan cakupan global yang dimiliki GSM.
Menghilangkan atau mengurangi beberapa pembatas bagi akses data bergerak.

Memiliki laju data sampai 115 kbps yang berarti dua kali lipat daripada koneksi ‘dial up’ 56 kbps yang berlaku.
Menampakan diri sebagai komunikasi yang ‘selalu’ terhubung sehingga memiliki waktu sesi hubungan yang pendek dan akses langsung ke internet.

Sumber : http://duniague.net/tips-menjauhkan-anak-dari-pribadi-yang-rasis/

Open Services Gateway Initiative

Open Services Gateway Initiative

Open Services Gateway Initiative
Open Services Gateway Initiative

 

The OSGi Alliance

(sebelumnya dikenal sebagai Open Services Gateway inisiatif, sekarang nama kuno) adalah terbuka organisasi standar yang didirikan pada Maret 1999. Aliansi dan anggota-anggotanya telah ditentukan yang Java berbasis layanan platform yang dapat dikelola dari jarak jauhInti bagian dari spesifikasi adalah sebuah kerangka kerja yang mendefinisikan suatu manajemen siklus hidup aplikasi model, layanan registry, sebuah lingkungan Eksekusi dan Modul. Berdasarkan kerangka ini, sejumlah besar OSGi layers, API, dan Jasa telah ditetapkan.

OSGi teknologi adalah

 

sistem modul dinamis untuk Java ™ OSGi teknologi menyediakan layanan berorientasi, komponen berbasis lingkungan untuk para pengembang dan menawarkan cara-cara standar untuk mengelola siklus hidup perangkat lunak. Kemampuan ini sangat meningkatkan nilai berbagai komputer dan perangkat yang menggunakan platform Java.
Pengadopsi teknologi OSGi manfaat dari peningkatan waktu ke pasar dan mengurangi biaya pengembangan karena teknologi OSGi menyediakan integrasi pra-dibangun dan pra-komponen subsistem diuji. Teknologi ini juga mengurangi biaya pemeliharaan dan kemajuan aftermarket baru peluang unik karena jaringan dapat dimanfaatkan untuk secara dinamis mengupdate atau memberikan layanan dan aplikasi di lapangan.

Spesifikasi:

OSGi spesifikasi yang dikembangkan oleh para anggota dalam proses terbuka dan tersedia untuk umum secara gratis di bawah Lisensi Spesifikasi OSGi. OSGi Alliance yang memiliki kepatuhan program yang hanya terbuka untuk anggota. Pada Oktober 2009, daftar bersertifikat OSGi implementasi berisi lima entri.

Arsitektur:

Setiap kerangka yang menerapkan standar OSGi menyediakan suatu lingkungan untuk modularisasi aplikasi ke dalam kumpulan yang lebih kecil. Setiap bundel adalah erat-coupled, dynamically loadable kelas koleksi, botol, dan file-file konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika ada).  Kerangka kerja konseptual yang dibagi dalam bidang-bidang berikut:

1. Bundles
Bundles adalah normal jar komponen dengan nyata tambahan header
2. Services
Layanan yang menghubungkan lapisan bundel dalam cara yang dinamis dengan menawarkan menerbitkan-           menemukan-model mengikat Jawa lama untuk menikmati objek (POJO).
3. Services
API untuk jasa manajemen (ServiceRegistration, ServiceTracker dan ServiceReference).
4. Life-Cycle
API untuk manajemen siklus hidup untuk (instal, start, stop, update, dan uninstall) bundel.
5. Modules
Lapisan yang mendefinisikan enkapsulasi dan deklarasi dependensi (bagaimana sebuah bungkusan dapat   mengimpor dan mengekspor kode).
6. Security
Layer yang menangani aspek keamanan dengan membatasi fungsionalitas bundel untuk pra-didefinisikan kemampuan.
7. Execution Environment
Mendefinisikan metode dan kelas apa yang tersedia dalam platform tertentuTidak ada daftar tetap eksekusi lingkungan, karena dapat berubah sebagai Java Community Process menciptakan versi baru dan edisi Jawa. Namun, set berikut saat ini didukung oleh sebagian besar OSGi implementasi:

•    CDC-1.1/Foundation-1.1 CDC-1.1/Foundation-1.1
•    OSGi/Minimum-1.0 OSGi/Minimum-1.0
•    OSGi/Minimum-1.1 OSGi/Minimum-1.1
•    JRE-1.1 JRE-1.1
•    From J2SE-1.2 up to J2SE-1.6 Dari J2SE-1.2 hingga J2SE-1,6
•    CDC-1.0/Foundation-1.0 CDC-1.0/Foundation-1.0

Sumber : http://sauskecap.com/tips-sederhana-mendidik-anak-untuk-disiplin/

Menggugat Praperadilan Penetapan Status Tersangka

Menggugat Praperadilan Penetapan Status Tersangka

Menggugat Praperadilan Penetapan Status Tersangka
Menggugat Praperadilan Penetapan Status Tersangka

Medio 2012, Hakim Suko Harsono (Pengadilan Negeri (PN.)

Jakarta Selatan) mengabulkan gugatan praperadilan terhadap Penetapan Status Tersangka dalam kasus Korupsi Remediasi PT. Chevron Pacific Indonesia.

Putusan Remediasi PT. Chevron tersebut berakhir tidak happy ending: Putusan dibatalkan oleh Mahkamah Agung, dan Hakim Suko Harsono dikenai sanksi administratif karena unprofessional conduct.

Lagi, medio 2014, Hakim M. Razzad (PN. Jakarta Selatan)

mengabulkan gugatan praperadilan terhadap Penetapan Status Tersangka oleh Ditjen Pajak dengan tersangka Toto Chandra, bos Permata Hijau Group. Putusan bernasib sama: Dibatalkan Mahkamah Agung, dan Hakim M. Razzad sampai saat ini sedang diproses oleh Komisi Yudisial karena unprofessional conduct.

Selanjutnya, adalah sejarah, hattrick terjadi di PN. Jakarta Selatan, saat Hakim Sarpin Rizaldi kembali mengabulkan gugatan praperadilan terhadap Penetapan Status Tersangka Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

3 putusan praperadilan diatas menimbulkan polemik, antara pihak yang mendukung putusan dengan argumen Putusan Agresif & contra legem dengan pihak yang tidak mendukung dengan argumen pelanggaran terhadap Undang-undang.

Semua bermuara dari Pasal 77 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana yang membatasi obyek praperadilan hanya tentang sah/tidak penangkapan dan penahanan & penghentian penyidikan/penuntutan; serta ganti kerugian dan rehabilitasi bagi seseorang yang perkaranya dihentikan.

Menakar Teori

Bagai menerima umpan lambung, para tersangka pidana (tidak hanya tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi, tapi juga dari POLRI) langsung men-smash putusan-putusan tadi, berbondong-bondong mereka berencana akan mengajukan praperadilan terhadap penetapan status tersangka yang dialaminya.

Putusan praperadilan Hakim Sarpin bagai sebuah berkah yang tidak terduga bagi semua tersangka kasus pidana, terobosan hukum yang belum tentu diapresiasi, tapi sudah pasti dimanfaatkan secara maksimal.

Determinasi praperadilan yang menabrak hukum acara niscaya menimbulkan kegaduhan dikalangan Hakim Konvensional, kalau boleh disebut begitu. Ranah diskusi dan tukar pemikiran kembali menyeruak.

Secara teori, hukum acara adalah alat, layaknya Standart Operational Procedure, untuk menjamin terlaksananya Undang-undang, yang pasti sama siapapun Hakimnya, dimanapun daerahnya.

Andaikan, jika Undang-undang (hukum formil) adalah materi plus fakta yang tidak lepas dari situasi, kondisi, dan latar belakang kejadian hukum, maka hukum acara adalah cara baku yang digunakan utuk menilai hukum formil tersebut.

Hakim bisa berbeda-beda dalam hasil penerapan hukum formil

karena fakta persidangan yang pasti berbeda-beda, akan tetapi alat yang dipakai untuk memproses (hukum acara) pasti sama, karena itulah SOP yang jadi standar kasat mata pencapaian keadilan.

Amar putusan tiap-tiap perkara sangat dinamis, tapi cara yang digunakan oleh para Hakim untuk mencapai hasil putusan tersebut pasti sama. Itu sebabnya jamak ditemui Hakim dimutasi dari ujung Aceh sampai pucuk Papua, tidak menemui kendala sedikitpun, karena alat dan standar yang digunakan tidak berbeda, satu sama lain.

Dalam konsepnya, praperadilan adalah hukum acara, yang diatur dalam KUHAP. Konsep praperadilan bukanlah pengadilan fakta hukum formil yang berupa materi (judex factie).

Kalaupun memang praperadilan terhadap status tersangka itu suatu saat akan ada, maka akan bentrok dengan konsep putusan bebas murni Pengadilan. Perbedaan keduanya sangat tipis: Yang pertama belum diproses di persidangan, sedangkan yang kedua sudah melewati proses persidangan.

Putusan Hakim Sarpin yang membatalkan penetapan status tersangka seorang tersangka KPK yang jelas-jelas tidak bisa mengeluarkan SP3, bagaikan sebuah ironi yang membuka mata bahwa batas perbedaan antara asas �judge make law�, asas �contra legem� dan asas �putusan hakim tidak pernah salah� dengan �pelanggaran undang-undang� itu sangat tipis.

Menimbang Hak Imunitas Komisi Pemberantasan Korupsi

Menimbang Hak Imunitas Komisi Pemberantasan Korupsi

Menimbang Hak Imunitas Komisi Pemberantasan Korupsi
Menimbang Hak Imunitas Komisi Pemberantasan Korupsi

Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Keppres

pemberhentian Abraham Samad dan Bambang Widjayanto dari posisinya sebagai komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran status tersangka yang menerpa keduanya.

Pasal 32 UU KPK memang mengamanahkan bahwa seorang komisioner KPK yang menjadi tersangka dalam sebuah tindak pidana, apapun delik pidananya, harus diberhentikan dari jabatan komisioner.

Diksi yang terkandung dalam UU KPK tersebut tidak bermakna ganda, pasti, dan harus ditaati: Jika jadi tersangka, seorang komisioner harus berhenti dari jabatannya, tanpa pengecualian.

Ingatan publik langsung kembali beberapa tahun yang lalu saat Bibit Samad Riyanto & Chandra Hamzah (keduanya Komisioner KPK) juga diberhentikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena menjadi tersangka tindak pidana penyalahgunaan wewenang dalam perseteruan POLRI-KPK yang so-called �Cicak Buaya Jilid I�.

Asas Praduga Bersalah

Telah lama dikenal Asas Praduga Tak Bersalah dalam proses penegakan hukum. Asas ini bermakna bahwa selama seorang tersangka belum mendapatkan vonis bersalah dari pengadilan yang telah berkekuatan tetap, maka kita harus menganggap bahwa orang tersebut tidak bersalah.

Tahap-tahap persidangan yang ditempuh oleh seorang tersangka

dalam mencapai putusan yang berkekuatan hukum tetap itu panjang dan berjenjang: Tingkat Pertama, Tingkat Banding, Tingkat Kasasi, sampai Peninjauan Kembali bisa ditempuh.

Bahkan jika vonis yang berkekuatan hukum tersebut telah menempuh jalur Peninjuan Kembali dan ditolak, terpidana masih bisa mengajukan permohonan grasi (pengampunan) kepada Presiden.

Begitu panjangnya praktek penerapan asas Praduga Tak Bersalah dalam proses hukum, hanya untuk memastikan bahwa seseorang tidak akan kehilangan haknya, minimal tidak akan ada hak-nya yang terampas secara semena-mena oleh siapapun.

Hal lain praktek asas praduga tak bersalah, bisa dilihat dalam administrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS), bahwa salah satu syarat PNS bisa dipecat adalah jika PNS yang bersangkutan divonis penjara min. 5 tahun dan telah berkekuatan hukum tetap.

Selain PNS, TNI/POLRI pun mendapatkan perlakuan yang sama: Salah satu syarat dipecat jika divonis penjara min. 5 tahun oleh sebuah putusan yang telah berkekuatan hukum tetap.

Bab lain, jika menilik hukum privat perceraian, salah satu syarat perceraian adalah salah satu pihak (suami/istri) mendapatkan vonis penjara min. 5 tahun (Pasal 19 PP. No. 9 Tahun 1975).

Betapa asas praduga tak bersalah sangat dipegang erat di negara hukum Republik Indonesia, sebagaimana yang telah dicontohkan diatas, sirna seketika jika kita menilik Undang-undang KPK.

Undang-undang KPK, berkaitan dengan nasib para komisionernya, bisa dibilang satu-satunya Undang-undang yang menganut asas praduga bersalah. Sama sekali tidak ada terlihat nyawa asas praduga tak bersalah dalam UU KPK. Hal ini bisa dilihat dalam Pasal 32 yang menyebutkan bahwa komisioner KPK harus berhenti dari jabatannya jika menyandang status tersangka.

Secara teori, dengan bukti permulaan yang penyidik miliki, seseorang dapat dijadikan tersangka oleh penyidik. Si tersangka belum tentu bersalah dan menjadi terpidana, karena peluang sangkaan tindak pidana untuk terbukti sama besarnya dengan peluang untuk tidak terbukti.

Seorang komisioner KPK yang sudah menyandang status tersangka otomatis berhenti dari jabatan tanpa diberi kesempatan sama sekali untuk membela dirinya sendiri, dan peluang untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah tertutup rapat.

Andaikan, jika seorang Penyidik Polisi di sebuah Polsek

menyatakan bahwa seorang komisioner KPK jadi tersangka penipuan, atau seorang Penyidik Polisi di Nangroe Aceh Darussalam menyatakan bahwa seorang komisioer KPK jadi tersangka tindak pidana khalwat, maka otomatis sang komisioner harus berhenti dari jabatannya.

Sebegitu naasnya nasib seorang komisioner KPK yang sangat rentan terhadap kriminalisasi, sehingga patut dipertanyakan klaim sebagian politisi dan kalangan yang menyebut bahwa KPK adalah Lembaga Superbody. Entah dari kacamata mana mereka melihat ke-superbody-an KPK.

Kewenangan-kewenangan KPK yang memang khusus dibentuk untuk memberantas korupsi dengan special treatment (seperti penyadapan, tidak bisa SP3, dll), dihiasi dengan penyematan asas praduga bersalah terhadap para komisionernya.

Sumber : http://toddkerr.net/tips-agar-si-kecil-gemar-membaca/

Pertumbuhan Ekonomi Belum sentuh Kalangan Terbawah

Pertumbuhan Ekonomi Belum sentuh Kalangan Terbawah

Pertumbuhan Ekonomi Belum sentuh Kalangan Terbawah
Pertumbuhan Ekonomi Belum sentuh Kalangan Terbawah

BANDUNG – Pertumbuhan ekonomi 6,5% yang selama ini diandalkan pemerintah dianggap masih belum menyentuh masyarakat bawah yang hidup di pedesaan. Salah satu indikasinya adalah mereka belum banyak yang sudah menikmati pembiayaan perbankan.

Pengamat Ekonomi yang juga pengajar di Institut Pertanian Bogor (IPB)

Ahmad Subagja mengatakan, dari total populasi Indonesia, baru 50% yang mendapat pembiayaan perbankan dan sejenisnya. Dari jumlah tersebut, sebagian besarnya masih terfokus di kota besar. Hanya sedikit perbankan nasional yang menyalurkan pembiayaan ke pelosok desa. Artinya, tingginya pembiayaan perbankan hanya dinikmati masyarakat kelas menengah atas.

“Kondisi tersebut semakin diperburuk dengan minimnya jumlah lembaga

dan produk pembiayaan mikro, yang hanya mencapai 12% dari total jumlah desa di Indonesia,” ujar Ahmad. Apalagi pertumbuhan ekonomi nasional lebih banyak diukur berdasarkan besaran investasi. Padahal, investasi tidak seluruhnya menyentuh masyarakat bawah. Oleh karenanya, dia berharap, kalangan perbankan harus banyak melakukan intermediasi dengan gresroot.

“Masalah kalangan gresroot berhenti pada soal jaminan kredit. Itu harus

dicari jalan keluarnya. Mikro finance masih dianggap pinggiran. Padahal, potensinya sangat besar. Ini yang harus di dorong oleh pemerintah,” pungkas dia.

 

Baca Juga :

 

 

Puluhan Anak TK Datangi Jasa Pencucian Pakaian

Puluhan Anak TK Datangi Jasa Pencucian Pakaian

Puluhan Anak TK Datangi Jasa Pencucian Pakaian
Puluhan Anak TK Datangi Jasa Pencucian Pakaian

BANDUNG- Sebanyak 60 siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Bandung, melakukan kunjungan ke salah satu jasa pencucian pakaian Wet Klin Cleaning Shop yang berada di Jalan Belitung No.3 Bandung, Rabu (21/03).

Direktur Wet Klin Bandung, Ari Nugraha mengatakan, kedatangan mereka merupakan bagian dari pembelajaran yang ada dalam kurikulum di tingkat TK tentang kebersihan.

“Kita memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang kebersihan dan kerapihan tentang pakaian yang selama ini mereka gunakan,” ujar Ari, kepada jabarprov.go.id.

Menurut Ari, dalam kunjungannya para siswa juga mendapat penjelasan

bagaimana cara mencuci, mengeringkan, merapihkan dengan teknologi mesin hingga pengepakan pakaian yang sudah bersih.

“Anak-anak langsung praktek bagaimana caranya merapihkan baju dan memasukannya ke dalam plastik sebelum diberikan kepada pemilik,” tuturnya.

Ari menyatakan, dipilihnya Wet Klin Cleaning Shop untuk dikunjungi siswa TK tersebut, karena dalam proses pencucian pakaian sangat ramah lingkungan dan telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, dan ini yang membedakan dengan usaha sejenis yang lain.

“Kita sangat eco green, bahan kimia yang digunakan untuk mencuci

pakaian tidak dipakai lagi tetapi langsung dibuang, kalau jasa sejenis yang lain bahan kimianya digunakan berulang kali. Itu yang akhirnya kita mendapatkan sertifikat halal MUI,” katanya.

Ari mengakui, bahwa air bekas cucian yang digunakan di Wet Klin sangat

aman terhadap lingkungan dan binatang yang hidup di air.

“Kita coba masukan ikan ke dalam air bekas cucian, terbukti ikan tetap hidup,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://birmingham.eventful.com/events/ghost-adventures-/E0-001-126827440-3

BI Tarik Uang Logam Rp 5 Tahun 1970

BI Tarik Uang Logam Rp 5 Tahun 1970

BI Tarik Uang Logam Rp 5 Tahun 1970
BI Tarik Uang Logam Rp 5 Tahun 1970

BANDUNG – Bank Indonesia mengumumkan bahwa masyarakat yang

memiliki uang logam cetakan lama , tahun 1970 dapat ditukar di Bank Indonesia terdekat. Humas Kantor Bank Indonesia (KBI) Bandung menyampaikan beberapa uang logam yang dapat ditukar antara lain Rp. 5 tahun emisi (TE) 1970, Rp. 5 TE 1974, Rp. 25 TE 1971, Rp. 50 TE 1971, Rp. 100 TE 1973, dan Rp. 100 TE 1978.

Penukaran ini dilakukan di Kantor Bank Indonesia dengan masa penukaran

akan berakhir pada tanggal 24 Juni 2012. “Sehubungan dengan hal tersebut, kepada masyarakat yang masih memiliki Uang Logam dimaksud dan berniat untuk menukarkannya, dapat melakukan penukaran di Kantor

Pusat dan Kantor Perwakilan Bank sebelum batas waktu yang telah

ditentukan,” ujar Daniel , Staf Humas KBI Bandung, Jumat (13/4).

 

Sumber :

https://yaplog.jp/ojelhtcmandiri/archive/2

Abigail Juara Bio Farma ESC 2014

Abigail Juara Bio Farma ESC 2014

Abigail Juara Bio Farma ESC 2014
Abigail Juara Bio Farma ESC 2014

BANDUNG-Abigail Grace Rey dari Temasek International School memantapkan diri sebagi juara ESC 2014 dengan memperoleh score 1111,90 dan mengalahkan 10 finalis lainnya yang berasal dari siswa SMA / SMK dari seluruh Indonesia.

Abigail mengatakan motivasi mengikuti acara ini adalah berbicara dalam bahasa Inggris memang menyenangkan dan sudah menjadi kesehariannya terutama di lingkungan sekolahnya yang memang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya,

“Pada awalnya saya hanya mengantar teman saya untuk mengikuti acara ini, namun saya tidak menyangka bahwa saya ter pilih menjadi pemenangnya” ujar Abi dengan bahasa inggris yang lancar.

Menurut dewan juri Mr. Ferry Anthony yang menjadi kriteria penilaian

adalah Speech construction, Presentation and delivery, Content of Speech, Language dan Time managament pada dasarnya semua peserta memiliki keunggulan masing – masing.

“Namun kami dewan juri harus menetapkan satu pemenang yang sesuai dengan kriteria yaitu ketepatan dengan topik, vocabulary (pemilihan kata), bahasa tubuh, ekspresi dan pronunciation (pengucapan) dan kami memilih Abigail dari Temasek Internatioal School sebagai juara I” ujar Ferry pada saat penobatan pemenang belum lama ini.

Selain Aby, Juara kedua dimenangkan oleh Edwina Sukmasari dari SMAN 8

Bandung dengan score 1069,33 berhak mendapatkan uang tunai sebesar 7,5 juta rupiah dan juara III diraih oleh Allathifah Desnia dari SMAN 1 Pasuruan dengan score 1067, berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesr 5 Juta rupiah. Untuk finalis lainnya berhak medapatkan uang tunai 10 juta rupiah.

Ketua Panitia ESC 2014 Hidayat Setiaji mengatakan Pada tahun ini kami penyelenggaraan pendaftaran ESC menggunakan sistem e-registrasi dan penilaian secara ontime menggunakan aplikasi web base, sehingga acara dapat dilakukan lebih cepat.

Harapan ke depan, ESC dapat menggaet peserta dari tingkat perguruan

tinggi terkait produk biologi atau ESC tingkat asia tenggara. Biofarma ESC 2014 adalah tahun ke-2 setelah sebelumnya pada tahun 2013 diadakan acara serupa untuk daerah DKI Jakarta dan Jawa Barat, sebagai bagian dari acara HUT PT Biofarma. Pada tahun ke-2 ini, ESC diadakan secara nasional dengan bantuan media online, media sosial dan youtube. Kami berharap acara ini dapat kembali dilakukan dengan cakupan/ tingkatan yang lebih baik lagi. jo

 

Baca Juga :