Mengenal Artikel Jaringan Tumbuhan

Mengenal Artikel Jaringan Tumbuhan

Mengenal Artikel Jaringan Tumbuhan

Mengenal Artikel Jaringan Tumbuhan

  • Struktur sekretori eksternal

  1. Rambut kelenjar dan kelenjar

Sekreretori eksternal mempunyai struktur, bentuk serta ukuran yang bermacam-macam, merupakan derivat epidermis dan lapisan subepidermal. Misalnya rambut kelenjar dan kelenjar. Rambut kelenjar mempunyai kepala yang mengeluarkan sekresi, dan terdiri atas satu atau banyak sel, sedang tangkai terdiri dari sel-sel yang bukan kelenjar. Rambut kelenjar dapat mengeluarkan sekresi yang berupa :

ü  Minyak, misalnya pada Mentha. Minyak ini berbentuk tetes-tetes kecil

ü  Lendir, misalnya pada tumbuhan insektivor. Pada tumbuhan ini lendir berupa mukopolisakarida, dan berfungsi untuk menjerat serangga.

ü  Garam, misalnya pada Atriplex. Ion disekresikan ke dalam yang besar yang  terdapat pada sel kepala. Apabila rmbut kelenjar mengkerut dan mengalami degenerasi, garam mengendap pada permukaan epidermis. Pada jenis lain garam langsung  disekresikan keluar.

  1. Nektaria (Kelenjar madu)

Nektar adalah cairan yang mengandung gula. Terdapat pada bunga dan pada bagian vegetatif (ekstrafloral). Jaringan sekretori ini letaknya bermacam-macam. Nektaria floral terdapat pada daun kelopak, daun mahkota bunga, pada benangsari, pada ovarium atau pada dasar bunga. Nektaria ekstrafloral terdapat pada batang, daun, stipula atau tangkai bunga.

Sel sekretori pada nektaria mempunyai sitoplasma yang padat dan vakuola kecil, sering mengandung tanin. Mitokondria mempunyai banyak ristae, ini menunjukkan bahwa sel aktif mengadakan pernafasan.

  1. Hidatoda

Hidatoda merupakan struktur pelengkap pada daun berfungsi mengeluarkan air dari dalam kepermukaan daun. Proses ini dinamakan gutasi. Hidatoda merupakan modifikasi dari bagian-bagian daun, terletak pada helaian daun atau pada ujungnya, dimana air dari xilem ditinggalkan, untuk mencapai permukaan daun.

  • Struktur sekresi internal
  1. Sel sekretori

Sel sekretori internal mempunyai kandungan yang bermacam-macam. Sel-sel sekretori sering tampak sebagai sel yang khusus. Sel-sel ini dinamakan idioblas. Sel-sel sekretori mungkin memanjang, dan panjangnya khusus, dinamakan kantong (sakus) atau buluh.

Sel sekretori mengandung substansi minyak, beberapa suku dari dikotil mengandung resin, dan yang lain mengandung lendir.

Pada kebanyakan sel sekretori, tanin merupakan substansi ergastik yang paling umum. Tanin sering berhubungan dengan ikatan pembuluh.

  1. Ruang dan saluran sekretoris

Ruang dan saluran sekretoris berbeda dengan sel sekretori karena dengan ruang atau saluran tersebut dihasilkan dengan beberapa cara :

  1. Secara lisigen, yaitu ruang antar sel yang terjadi karena lisisnya dinding sel.
  2. Secara sizogen, ruang yang terjadi karena menjauhnya sel yang satu dengan sel yang lain.
  3. Secara sizolisigen, ruang yang terjadi merupakan gabungan tipe lisigen dan sizogen. Sel saling menjauh, kemudian dinding mengalami lisis.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

A . Kesimpulan

  1. Jaringan pada tumbuhan terdiri atas jaringan meristem dan permanen.
  2. Jaringan meristem adalah jaringan yang sel penyusunnya bersifat embrional ; artinya mampu membelah diri untuk menambah jumlah sel tubuh. Ciri-ciri sel meristem adalah berdinding tipis, banyak mengandung protoplasma, inti besar, dan plastida belum matang. Jaringan Meristem disebut juga jaringan muda.
  3. Berdasarkan letaknya dalam tumbuhan, ada tiga macam meristem, yaitu : meristem apikal, lateral, dan interkalar. Sedangkan, dilihat dari asal terbentuknya, meristem dibedakan menjadi : promeristem, meristem primer dan meristem sekunder.
  4. Jaringan Dewasa adalah jaringan yang sudah mengalami diferensiasi.
  5. Jaringan dewasa terdiri dari    : Jaringan Pelindung (Epidermis), Jaringan Dasar (Parenkim), Jaringan Penyokong (Penguat), Jaringan Pengangkut (Vaskuler) yaitu xilem dan floem.
  6. Struktur Sekresi eksternal yaitu rambut kelenjar dan klelnjar, nektaria (kelenjar madu), dan hidatoda. Struktur sekresi internal yaitu sel sekretori, ruang, dan saluran sekretoris.

B . Saran

Sebaiknya carilah refrensi yang memadahi untuk membuat sebuah karya ilmiah/makalah.

 

 

Sumber : Gambar Jaringan Tumbuhan