Baznas Jabar Memberdayakan Kaum Dhuafa

Baznas Jabar Memberdayakan Kaum Dhuafa

Baznas Jabar Memberdayakan Kaum Dhuafa

Baznas Jabar Memberdayakan Kaum Dhuafa
Baznas Jabar Memberdayakan Kaum Dhuafa

BANDUNG- Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat, K.H. Arif Ramdani, MH mengatakan, disamping melakukan optimalisasi pengumpulan zakat, pihaknya juga melakukan penyaluran zakat melalui program-program unggulan.

“Dalam bidang ekonomi menggelar program Jabar Makmur. Program ini adalah program untuk memberdayakan masyarakat kaum dhuafa untuk meningkatkan kemampuan ekonominya,” kata KH. Arif Ramdani di Sekretariat Baznas Provinsi Jawa Barat, di Kompleks Pusdai Jawa Barat, Jalan Diponegoro 63, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id.

Kaum dhuafa atau mustahik yang mendapatkan bantuan dari program Jabar Makmur Baznas Jabar tersebut, lanjut KH Arif, diharapkan suatu saat mereka dapat mengeluarkan infaq, bahkan bisa mengeluarkan zakat atau sebagai mustahik.

Dalam bidang kesehatan, Baznas Jabar menggelar Program Jabar Sehat. Diantaranya yang akan digulirkan adalah membuat atau mendesain namanya mobile sehat. Yaitu mobil yang dilengkapi dengan perlengkapan medis, termasuk ada dokternya.

“Mobil tersebut nanti akan mendatangi daerah-daerah yang padat, kumuh. miskin, dengan cara membership. Orang-orang yang tidak mampu diberikan pelayanan kesehatan secara gratis. Kemudian apabila ada diantara masarakat yang tidak mampu itu yang harus dirujuk ke rumah sakit dan tidak tercover oleh BPJS, kita bantu dari segi pembiayaannya,” tambah Arif.

Selain itu, lanjut Arif, Baznas Jabar juga akan memberikan pelayanan

khusus kepada PNS di lingkungan Pmerintah Provinsi Jawa Barat untuk test kesehatan secara gratis, apakah itu periksa kolesterol, gula darah atau periksa kesehatan lainnya, termasuk tensi.

Dalam bidang pendidikan, Baznas Jabar mengusung program Jabar Cerdas. Diantaranya ada program bea siswa satu rumah kaum dhuadfa satu sarjana. Dalam hal itu, Baznas Jabar bekerjasama dengan dins sosial, dimana ada beberapa binaan dinas sosial yang sduah kuliah dan mereka tidak memiliki biaya.

“Mereka kami beri biaya kuliah, tentunya dengan komitmen-komitmen

supoaya mereka nanti ke depannya tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga secara sprituial,” katanya.

Baznas Jabar juga bekerjasama dengan dinas pendidikan. Diantaranya meng upgrade sekolah pertanian yang ada di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang yang berasrama.

“Kita mendukung program Pak Gubernur, yaitu Program Jabar Menghapal.

Jadi, siswa-siswa diasramakan sebanayak 100 siswa. Kemudian kita bina mereka kita pantau hapalan Al-Quran nya sehingga yang tadinya mungkin tidak bisa membaca Al-Quran, mudah-mudahan sampai bisa membaca Al-Quran. Yang belum lancar dilancarkan. Kemudian ditingkatkan kepada hapalan. Dan mereka kami berikan pembinaan keagamaan dan skillnya,” katanya.

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/148436557/apa-itu-tabel-periodik-unsur/