Peran Pendidikan Karakter Dalam Melengkapi Kepribadian

Peran Pendidikan Karakter Dalam Melengkapi Kepribadian

“Banyak orang sadar apa yang baik, berbicara mengenai kebaikan namun lakukan yang sebaliknya”

Pada awalnya, manusia itu lahir cuma membawa “Personality” atau kepribadian. Secara lazim kepribadian manusia tersedia 4 macam dan tersedia banyak sekali teori yang gunakan makna yang berlainan apalagi tersedia yang gunakan warna, namun polanya selalu sama. Secara lazim kepribadian manusia tersedia 4, yakni :

1. Tipe Kepribadian Koleris: style ini bercirikan spesial yang senang kemandirian, tegas, berapi-api, senang tantangan, bos atas dirinya sendiri. hidroponik sederhana

2. Tipe Kepribadian Sanguinis: style ini bercirikan senang bersama hal praktis, happy dan ceria selalu, senang kejutan, senang sekali bersama aktivitas social dan bersenang-senang.

3. Tipe Kepribadian Plegmatis: style ini bercirikan senang bekerjasama, jauhi konflik, tidak senang perubahan mendadak, teman berbicara yang enak, menyukai hal yang pasti.

4. Tipe Kepribadian Melankolis: style ini bercirikan senang bersama hal detil, menaruh kemarahan, perfeksionis, senang instruksi yang jelas, aktivitas teratur terlalu disukai.

Di atas ini adalah teori yang klasik dan sekarang teori ini banyak sekali berkembang, dan masih banyak digunakan sebagai alat tes sampai pengukuran potensi manusia.

Kepribadian bukanlah karakter. Setiap orang miliki kepribadian yang berbeda-beda. Nah berasal dari ke 4 kepribadian tersebut, masing-masing kepribadian tersebut miliki kelemahan dan keistimewaan masing-masing.

Misalnya style kepribadian koleris sama juga bersama orang yang berbicara “kasar” dan kadang kala tidak peduli, style kepribadian sanguinis spesial yang sering kesusahan diajak untuk serius, style kepribadian plegmatis seringkali kesusahan diajak melangkah yang pasti dan terkesan pasif, style kepribadian melankolis terperangkap bersama dilema spesial “iya” di mulut dan “tidak” di hati, serta condong perfeksionis di dalam teliti kehidupan serta inilah yang kadang kala mengakibatkan orang lain cukup kerepotan.

Setiap manusia tidak sanggup pilih kepribadiannya, kepribadian udah hadiah berasal dari sang pencipta saat manusia dilahirkan. Dan tiap-tiap orang yang miliki kepribadian pasti tersedia kelemahannya dan kelebihannya di tiap-tiap segi kehidupan sosial dan spesial masing-masing.

Nah, karakternya dimana? Saat tiap-tiap manusia belajar untuk menanggulangi kelemahannya, memperbaiki kelemahannya, dan membangkitkan formalitas positif yang baru maka inilah yang disebut bersama karakter.

Misalnya, seorang bersama style kepribadian koleris murni namun terlalu santun di dalam menyampaikan pendapat dan instruksi kepada sesamanya, seorang bersama style kepribadian sanguinis yang sanggup membawa dirinya untuk bersikap betul-betul di dalam keadaan yang perlu ketenangan dan perhatian fokus. Itulah karakter.

Pendidikan sifat adalah bantuan pandangan mengenai berbagai style nilai hidup, layaknya kejujuran, kecerdasan, kepedulian dan lain-lainnya. Dan itu adalah pilihan berasal dari masing-masing individu yang harus dikembangkan dan harus dibina sejak usia dini.

Karakter tidak sanggup diwariskan, sifat tidak sanggup dibeli, dan sifat tidak sanggup ditukar. Karakter harus dibangun dan dikembangkan secara sadar, hari demi hari bersama lewat suatu proses yang tidak instan. Karakter bukanlah suatu hal bawaan sejak lahir yang tidak sanggup diubah ulang layaknya sidik jari.

Banyak kami mencermati bahwa orang-orang bersama sifat buruk condong mempersalahkan keadaan mereka. Mereka sering tunjukkan bahwa langkah mereka dibesarkan yang salah, kesusahan keuangan, perlakuan orang lain, atau keadaan lainnya yang menjadikan mereka layaknya sekarang ini. Memang benar bahwa di dalam kehidupan kami harus menghadapi banyak hal di luar kendali kita, namun sifat kamu tidaklah demikian. Karakter kamu selalu merupakan hasil pilihan anda.

Ketahuilah bahwa kamu membawa potensi untuk menjadi seorang spesial yang berkarakter, upayakanlah itu. Karakter, lebih berasal dari apa pun dan bakal menjadikan kamu seorang spesial yang miliki nilai tambah. Karakter bakal merawat segala suatu hal yang kamu hargai di dalam kehidupan ini.

Setiap orang bertanggung jawab atas karakternya. Anda miliki kontrol penuh atas sifat anda, bermakna kamu tidak sanggup menyalahkan orang lain atas sifat kamu yang buruk gara-gara kamu yang bertanggung jawab sepenuhnya. Mengembangkan sifat adalah tanggung jawab spesial anda.

Semoga bermanfaat.