Tujuan Penyampaian Pidato

Tujuan Penyampaian Pidato

Tujuan Penyampaian Pidato

Tujuan Penyampaian Pidato
Tujuan Penyampaian Pidato

1. Memotivasi

Pidato dikatakan memotivasi jika pembicara berusaha memberikan semangat, membangkitkan kegairahan atau menekan perasaan yang kurang baik, serta menunjukkan rasa hormat dan pengabdian.

2. Memersuasi

sejarah bpupki dan ppki – Pidato dikatakan memersuasi jika pembicara berusaha memengaruhi keyakinan atau sikap mental para pendengar.

3. Melakukan tindakan

Pidato dikatakan mempunyai tujuan melakukan tindakan jika pembicara dalam berpidato menghendaki pendengar untuk bertindak sesuatu.

4. Menginformasikan

Pidato dikatakan menginformasikan jika pembicara ingin memberitahukan atau menyampaikan sesuatu kepada pendengar agar mereka bertambah pengetahuannya.

5. Menghibur

Pidato dikatakan menghibur jika pembicara ingin menggembirakan orang yang mendengar pembicaraannya atau menimbulkan suasana gembira pada suatu pertemuan.

Ada dua hal yang perlu kalian pahami pada materi ini, yaitu simpulan dan pesan. Apa itu simpulan dan apa itu pesan? Baiklah akan kita bahas kedua istilah tersebut.

Simpulan merupakan pernyataan berisi fakta, pendapat, atau alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.

Simpulan adalah pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya.
Simpulan adalah hasil menyimpulkan. Simpulan dapat juga dikatakan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi. Pesan adalah perintah, nasihat, permintaan, atau amanat yang disampaikan lewat orang lain.

Pidato pada dasarnya adalah menyampaikan sesuatu secara lisan kepada orang lain. Tentu saja sesuatu yang disampaikan mengandung pesan, dengan kata lain dalam sebuah pidato pastilah pembicara menyampaikan sesuatu yang berupa pesan atau hal-hal penting.

Poin Penting

Materi tentang menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah maksudnya adalah setelah mempelajari materi ini, peserta didik mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar.