10 Tanda Umum Tubuh Kekurangan Vitamin D, Apasaja?

10 Tanda Umum Tubuh Kekurangan Vitamin D, Apasaja? – Sering merasa lelah tak berkesudahan? Atau merasa terus menerus sedih? Sakit demam memerlukan waktu lama guna sembuh? Jika fenomena ini terjadi pada Anda, ada bisa jadi bahwa kita mengalami kelemahan vitamin D.

Vitamin D dikenal sebagai vitamin sinar matahari sebab tubuh memproduksinya ketika kulit kita terpapar sinar matahari pagi. Vitamin ini bekerja di dalam tubuh laksana hormon. Tak laksana vitamin lain, tiap sel di tubuh mempunyai reseptor guna vitamin ini.

Vitamin D paling penting untuk kesehatan tulang dan faedah kekebalan. Bahkan, menjaga level vitamin D bisa berfungsi mencegah penyakit jantung dann sebanyak jenis kanker. Dikutip dari Insider, andai Anda kekurang vitamin D, terdapat sejumlah fenomena umumnya.

1. Flu yang terasa tak kunjung sembuh

Kekurangan vitamin D memprovokasi sistem kekebalan tubuh. Salah satu peran urgen vitamin D ialah menjaga sistem kekebalan tubuh. Ketika Anda kelemahan vitamin ini, maka kita akan memerlukan waktu lama guna pulih dari infeksi kecil dan virus. Kekurangan vitamin D menciptakan tubuh rentan familiar penyakit pernapasan laksana flu, bronchitis dan pneumonia.

2. Merasa kecil hati atau depresi

Depresi dan mood yang buruk berhubungan sejumlah hal psikologis dan fisik. Tapi, terdapat bukti ilmiah yang mengaitkan kelemahan vitamin D dengan depresi, terutama untuk manula. Depresi ialah masalah kesehatan perumahan yang dapat direawat dengan pertolongan profesional, tapi penelitian menuliskan, mengonsumsi suplemen vitamin D juga dapat membantu menguranginya.

3. Merasa lelah tak berkesudahan walau sudah lumayan tidur

Rasa lelah dan capai dapat disebabkan sebanyak faktor. Kekurangan vitamin D ialah salah satunya. Sejumlah kajian memperlihatkan, level vitamin D yang paling rendah dapat memicu fenomena seperti keletihan kronis dan sakit kepala, bahkan sedikit kelemahan vitamin D juga dapat menyebabkan rasa lelah dan energi rendah.

4. Sakit punggung

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang sebab membantu tubuh menyerap kalsium dan membina sistem kerangka yang kuat. Jika kekurangan, maka Anda bakal punya masalah tulang dan sakit pinggang.

5. Persendian terasa lebih nyeri sesudah olahraga

Level vitamin D rendah dapat menyebabkan sakit pinggang. Di samping itu, kelemahan vitamin ini pun mempengaruhi kesehatan tulang dan sendi semua tubuh. Sendi di lutut, pinggul dan tulang belakang dapat gampang terpapar masalah andai kekurangan vitamin D.

6. Otot tampak goyah atau sakit

Ada sebanyak bukti bahwa kelemahan vitamin D dapat menjadi penyebab lemah otot atau sakit otot. Vitamin D memainkan peranan dalam kesehat sel saraf mempunyai nama nocicetros, yang mengantarkan rasa sakit ke otak.

7. Rambut tampak lebih tipis atau mudah rontok

Jika kita merasa rambut kita tidak setebal dan lebat laksana biasa, Anda barangkali akan menyaksikan asupan vitamin D Anda. Level vitamin D yang paling rendah juga dapat menyebabkan rakhitis, penyakit yang mengakibatkan tulang menjadi empuk dan rapuh pada anak-anak. Rakhitis pun kadang diasosiasikan dengan gangguan rambut rontok yang dinamakan alopecia areata. Tapi, orang dewasa yang sehat tidak akan terpapar alopecia areata dampak kurangnya vitamin D.

8. Luka memar atau luka sayatan lama sembuh

Luka memar yang tidak kunjung sembuh dapat menjadin tanda kelemahan vitamin D. Sejumlah kajian menemukan, vitamin ini dapat meningkatkan buatan senyawa yang penting untuk proses pembentukan kulit baru. Ada pun bukti bahwa vitamin D dapat membantu mengontrol peradangan dan melawan infeksi. Kalau kita mengalami kelemahan vitamin D berat, kita mungkin pun akan perlu waktu lama guna pemulihan dari operasi.

9. Tidak mendapatkan lumayan sinar matahari

Jika Anda menguras sepanjang hari di dalam ruangan, Anda barangkali tidak mendapatkan lumayan sinar matahari. Jika rutinitas harian Anda tergolong pergi ke kantor naik mobil dan pulang, maka kita tidak menghabiskan tidak sedikit waktu di luar sampai-sampai kulit dapat mendapatkan vitamin D guna memuaskan keperluan tubuh Anda.

Sebagian besar orang memerlukan 600 IU vitamin D masing-masing hari. Meskipun Anda dapat mendapatkan vitamin D2 dari makanan laksana susu, kuning telur, hati sapi dan minyak ikan, mayoritas orang yang tidak menguras paling tidak 30 menit dua kali seminggu di luar ruangan tanpa pelindung sinar matahari tidak mempunyai vitamin D yang lumayan untuk menyokong kesehatan mereka.

10. Susah ereksi atau merasakan disfungsi ereksi

Pria yang merasakan disfungsi ereksi berat mempunyai level vitamin D rendah. Periset menemukan, kelemahan vitamin D memprovokasi arteri pria, yang menciptakan mereka sulit melebarkan dan mengisi penis dengan darah. Riset lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi kaitan antara disfungsi ereksi dan vitamin D ini.

Baca Juga: